Investor

Hubungan Investor

Sekilas MPC
Visi

Untuk menjadi perusahaan investasi terdepan yang menawarkan nilai penting kepada pemangku kepentingan dan berkontribusi secara positif kepada masyarakat.

Misi

Untuk mengembangkan portofolio usaha yang strategis melalui ekspansi secara terus menerus dan investasi untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan memperoleh nilai perusahaan secara maksimal.

Struktur Perusahaan

 

Supporting Institutions & Professionals

Akuntan Publik

Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan
RSM Indonesia
Plaza Asia Lt. 10
Jl. Jend. Sudirman Kav 59 Jakarta 12190
T: +62 21 5140 1340
F: +62 21 5140 1350

Notaris

Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H., M.KN
Ruko L’Agricola Blok B-21
Gading Serpong, Tangerang
Banten 15810
T: +62 21 2943375 / 376
F: +62 21 54202011

Biro Administrasi Efek

PT Sharestar Indonesia
Sopo Del Office Tower & Lifestyle
Tower B Lantai 18
Jl. Mega Kuningan Barat III, Lot 10. 1-6
Kawasan Mega Kuningan
Jakarta 12920
T: +62 21 50815211
F: +62 21 527 7967

 

Manajemen
Struktur Organisasi
Dewan Komisaris

Bunjamin J. Mailool

Presiden Komisaris
Bunjamin J. Mailool
Presiden Komisaris

Bunjamin J. Mailool diangkat sebagai Presiden Komisaris Perseroan atas keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2017. Penunjukannya tertuang dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 73, tanggal 28 Mei 2018, yang dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H., M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Beliau memulai karir profesionalnya di Citibank NA Jakarta pada tahun 1989, dengan posisi terakhir sebagai Vice President pada tahun 1997. Pada bulan Maret 1997, beliau bergabung dengan anak perusahaan Lippo Group di PT Bukit Sentul Tbk sebagai CEO hingga 2001. Beliau menjabat sebagai Presiden Direktur untuk PT Matahari Putra Prima Tbk pada tahun 2002 sampai tahun 2018 dan PT Matahari Department Store Tbk sejak tahun 2009. Beliau menjabat sebagai Presiden Direktur Perseroan dari 2014 hingga 2015, yang mana beliau menerima penunjukannya sebagai anggota Komite Nominasi dan Remunerasi dari 2015 hingga saat ini, dan juga menjabat sebagai Presiden Komisaris.

Beliau adalah warga negara Indonesia, telah genap berusia 58 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar MBA dari Oklahoma University dan gelar BSc dari California State University of Fresno, Amerika Serikat.

Alexander S. Rusli

Komisaris Independen
Alexander S. Rusli
Komisaris Independen

Alexander S. Rusli diangkat sebagai Komisaris Independen Perseroan atas keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2020. Penunjukannya tertuang dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 38, tanggal 19 Juli 2021, yang dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H., M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Setelah bekerja sebagai dosen tetap di Australia, beliau kembali ke Indonesia pada tahun 1997 dan memulai perjalanan karir di Indonesia di PricewaterhouseCoopers sebagai Manajemen Konsultan yang berfokus pada proyek Implementasi TI besar.

Sebagai eksekutif yang aktif dengan pengalaman serta latar belakang yang kuat di bidang teknologi, posisi atau jabatan-jabatan penting di perusahaan swasta yang pernah diduduki selama perjalanan karir beliau antara lain: CEO di PT Indosat Tbk, sebuah perusahaan operator telekomunikasi terbesar ke-2 di Indonesia, sejak tahun 2012-2017; Komisaris Independen di PT Sarana Menara Nusantara Tbk (Protelindo) (2018-2019); Komisaris Independen di PT Medikaloka Hermina Tbk (Hermina Hospital Group) (2018-sekarang); Komisaris Independen di PT Unilever Indonesia Tbk (2018-sekarang); Komisaris di PT Solusi Sinergi Digital Tbk (2019-sekarang); Ketua di iFlix Indonesia (2018-Mei 2020); Komisaris Independen di PT Link Net Tbk (2020-sekarang).

Beliau juga menduduki beberapa posisi di pemerintahan, yaitu sebagai Staf Ahli di Kementerian Komunikasi dan Informatika (2001 – 2007); Staf Ahli di Kementerian BUMN (2007 – 2009); Staf Ahli Menteri Keuangan RI untuk Sistem Perpajakan Nasional (2019 – sekarang); Penasihat untuk Crescent Point untuk Indonesia (2019 – sekarang). Sejak tahun 2007-2009, beliau menjabat beberapa posisi di beberapa Badan Usaha Milik Negara antara lain sebagai Komisaris di PT Krakatau Steel Tbk; Komisaris Utama di PT Geodipa Energi; Komisaris di PT Kertas Kraft Aceh.

Di samping itu, beliau juga merupakan pendiri PT Digi Asia Bios, sebuah perusahaan Fintech terkonsolidasi holding yang menawarkan layanan keuangan pembayaran, kredit dan remittance digital di Indonesia. Beliau juga memiliki Joint Venture bersama Tempo Digital Media yang berfokus pada animasi untuk Indonesian IP characters.

Beliau aktif menumbuhkan dan menginkubasi perusahaan digital dengan berinvestasi di startup tahap awal dan mengambil peran di dalamnya baik sebagai anggota dewan aktif atau sebagai penasihat aktif. Selain aktif berinvestasi, beliau juga secara aktif membimbing banyak startup yang menjajaki model bisnis baru seperti IRMA, GrosirOne, Surge, Doogether, dll.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 50 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih beberapa gelar antara lain Bachelor of Business, Information System pada tahun 1992, Bachelor of Commerce (Hons), Information System pada tahun 1993 dan Doctor of Philosophy (Ph.D), Information System pada tahun 2000, ketiga gelar tersebut diperoleh dari Curtin University of Technology, Perth, Australia.

Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL

Komisaris Independen
Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL
Komisaris Independen

Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL diangkat sebagai Komisaris Independen Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2017. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 73, tertanggal 28 Mei 2018, yang dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H., M.Kn., yang berdomisili di Tangerang.

Beliau adalah pendiri dan Managing Partner dari Helios Capital, salah satu perusahaan penasihat keuangan yang paling aktif dan terkemuka di Indonesia yang berfokus pada M&A Advisory, Capital Raising dan Debt Restructuring. Pengalaman beliau yang luas termasuk menangani beragam aksi korporasi seperti akuisisi dan divestasi perusahaan perkebunan, produk konsumen, F&B, komoditas hasil pertanian, properti, pariwisata, dan infrastruktur. Beliau memiliki pengalaman profesional di berbagai kantor akuntan publik internasional, sebagai auditor maupun sebagai penasihat keuangan, yaitu Arthur Andersen Jakarta, KPMG Jakarta dan Melbourne, Ernst & Young Jakarta, Deloitte Jakarta, dan PB Taxand Jakarta. Beliau sempat menjalani pelatihan di bidang Corporate Recovery saat bergabung dengan KPMG Melbourne. Saat ini, beliau menjabat sebagai Komisaris Independen merangkap Ketua Komite Audit di beberapa perusahaan yaitu PT Lippo Cikarang Tbk dan PT Sekar Bumi Tbk. Sementara itu, di PT Indonesian Paradise Property Tbk, beliau menjabat sebagai Presiden Komisaris (Independen) merangkap Ketua Komite Audit.

Beliau merupakan warga negara Indonesia, berusia 55 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Doktor di bidang Research Management dari Universitas Pelita Harapan, Indonesia, gelar Master di bidang Administrasi Bisnis (MBA) dari University of Houston – Clear Lake, Amerika Serikat dan gelar Master di bidang Hukum Perusahaan (MCL) dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Australia. Beliau meraih gelar sarjana Akuntansi dari Universitas Tarumanagara, Indonesia.

Jeffrey Koes Wonsono

Komisaris
Jeffrey Koes Wonsono
Komisaris

Jeffrey K. Wonsono telah diangkat menjadi Komisaris Perseroan sejak 2011. Pengangkatannya dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 19, tanggal 22 Februari 2011, yang dibuat di hadapan Notaris Rini Yulianti, S.H., Notaris di Jakarta Timur. Sebelum menjabat Komisaris, beliau menjabat sebagai Presiden Direktur Perseroan dari tahun 1994 hingga 2010.

Jalur karir profesional beliau dimulai pada beberapa bank usaha patungan multinasional, seperti PT Bank Multicor dan PT Bank LTCB Central Asia, sebelum bergabung dengan Lippo Group pada tahun 1992. Beliau menjabat sebagai Komisaris PT Matahari Putra Prima Tbk (1997-2013), Presiden Komisaris PT Multipolar Technology Tbk (2011 hingga 2013), Komisaris PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk (2017-2021). Saat ini, beliau menjabat di PT Multipolar Technology sebagai Komisaris (sejak 2013) dan sebagai Presiden Komisaris PT Pacific Eastern Coconut Utama (sejak 2019). 

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 61 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar Master of Business Administration di bidang perbankan dari Golden Gate University, Amerika Serikat pada tahun 1986. Beliau memperoleh gelar sarjana di bidang marketing dari Centre for Business Studies di Inggris pada tahun 1979.

Henry J. Liando

Komisaris
Henry J. Liando
Komisaris

Henry J. Liando diangkat sebagai Komisaris Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2017. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 73, tanggal 28 Mei 2018, yang dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, SH, M.Kn., Notaris di Tangerang.

Sebelum bergabung dengan Perseroan, beliau telah bekerja di berbagai bank global, yang terakhir sebagai Chief Financial Officer & Treasurer dari Global Consumer Group, Citibank N.A. Indonesia. Beliau menjabat sebagai Komisaris PT Matahari Department Store Tbk (2010-2018), lalu menjabat sebagai Direktur (2018-2019). Beliau juga menjabat sebagai Komisaris PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak 2018 hingga Juni 2020), Direktur Independen PT Link Net Tbk (2013-2017), dan Direktur PT Link Net Tbk (2017-sekarang).

Beliau merupakan warga negara Indonesia, berusia 58 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar Master di bidang Administrasi Bisnis untuk Keuangan dari Oregon State University, Amerika Serikat, dan gelar sarjana di bidang Teknik Kimia dari Institut Teknologi Bandung.

Direksi

Adrian Suherman

Presiden Direktur
Adrian Suherman
Presiden Direktur

Adrian Suherman diangkat sebagai Presiden Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2019. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 68, tanggal 12 Juni 2020, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Beliau mengawali karirnya pada tahun 1995, memimpin pengembangan produk, strategi, dan operasi untuk perusahaan-perusahaan perangkat lunak global termasuk Oracle dan Sun Microsystems di Silicon Valley. Setelah bertugas di Amerika Serikat, beliau kembali ke Indonesia sebagai manajer untuk firma konsultan manajemen top-tier A.T. Kearney (2007-2010) dan berhasil mendirikan perusahaan startup Dealkeren (akhirnya dijual ke Livingsocial), perusahaan e-commerce yang paling cepat berkembang dan paling signifikan di Indonesia (2010-2012). Beliau kemudian bergabung kembali dengan dunia korporat melalui Telkomsel sebagai Wakil Presiden (2012-2014) dan membuka jalan bagi Telkomsel untuk menjadi pemain penting dalam periklanan mobile Indonesia. Sebagai seorang wirausahawan, beliau mendirikan startup lain yang sukses, aCommerce (2014-2015), sebelum menerima jabatan sebagai CEO di OVO (PT Visionet Internasional) (2016-2019). Selain di Perseroan, saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak 2019), Presiden Komisaris di PT Multipolar Technology Tbk (sejak 2019), dan Komisaris di PT Matahari Department Store Tbk (sejak 2020).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 48 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar MBA dalam Strategi dan Operasional Korporasi dari European Institute for Business Administration (INSEAD) pada 2006. Beliau juga meraih gelar Master of Science di bidang Teknik Elektro dari Stanford University, Amerika Serikat (1997), dan gelar Bachelor of Science di bidang Computer Engineering dari University of Arizona, Amerika Serikat (1995).

Rudy Ramawy

Wakil Presiden Direktur
Rudy Ramawy
Wakil Presiden Direktur

Rudy Rawawy diangkat sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2019. Pengangkatannya dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 68, tanggal 12 Juni 2020, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Beliau memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di berbagai industri, seperti Procter & Gamble (1994), Sony Music (1997-1999, 2002-2005), Warner (1999-2002), RCTI/MNC Group (2008-2011). Jabatan yang terutama adalah ketika beliau menjadi Country Director di Google Indonesia dari 2012 hingga 2015, dimana beliau membuka jalan agar kehadiran Google di masyarakat semakin kuat sehingga pertumbuhan Google semakin pesat di Indonesia. Beliau memimpin kegiatan operasional Google, serta meluncurkan YouTube Indonesia dan Google Maps Street View. Beliau juga merupakan Pendiri dan Managing Partner dari Venturra Capital, perusahaan yang beliau dirikan pada 2015 yang berinvestasi dalam teknologi tahap awal/pertumbuhan di seluruh wilayah. Posisi lain yang juga dijabat beliau termasuk Komisaris di Ruangguru (sejak 2015), Sociolla (sejak 2015), dan OVO (sejak 2016). Di luar aktivitas sehari-harinya, beliau berperan aktif sebagai sukarelawan dan mentor dalam pengembangan masyarakat. Beliau juga menjabat sebagai Komisaris PT Matahari Department Store Tbk (2018-2020). Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Komisaris di PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak 2018).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 50 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar sarjana Teknik Kimia dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat.

Agus Arismunandar

Direktur
Agus Arismunandar
Direktur

Agus Arismunandar diangkat sebagai Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2018. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 136, tanggal 29 April 2019, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Beliau mengawali karirnya di Lippo Group pada 2006 ketika bergabung dengan PT Matahari Department Store Tbk, dengan Head of Marketing & Promotion sebagai jabatan terakhirnya. Pada 2013 beliau bergabung dengan Perseroan sebagai Head of Investor Relations, lalu sejak 2019 beliau menjabat sebagai anggota Direksi dan menempati beberapa posisi di anak-anak usaha Perseroan.Beliau mengawali karirnya di Lippo Group pada 2006 ketika bergabung dengan PT Matahari Department Store Tbk, dengan Head of Marketing & Promotion sebagai jabatan terakhirnya. Pada 2013, beliau bergabung dengan Perseroan sebagai Head of Investor Relations, lalu sejak 2019 beliau menjabat sebagai anggota Direksi dan menempati beberapa posisi di anak-anak usaha Perseroan.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 56 tahun pada 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Electrical Engineering pada tahun 1988 dari California State University di Long Beach, Amerika Serikat dan gelar Master of Business Administration di bidang Marketing dan IT pada tahun 1991 dari University of California di Davis, Amerika Serikat.

Fendi Santoso

Direktur
Fendi Santoso
Direktur

Fendi Santoso diangkat sebagai Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2019. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 68, tanggal 12 Juni 2020, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Beliau memiliki pengalaman selama 19 tahun dalam bidang private equity dan korporasi. Sebelum di Perseroan, beliau menjabat sebagai CFO di PT Matahari Putra Prima Tbk. Beliau juga menghabiskan 4 tahun di The Abraaj Group sebagai Direktur Grup yang membawahi beragam investasi di Asia Tenggara dan 5 tahun di Northstar Group – perusahaan private equity yang berfokus pada negara-negara di Asia Tenggara, dimana beliau terlibat dalam beberapa transaksi di sektor-sektor yang beragam, termasuk beberapa jasa keuangan dan bisnis-bisnis yang terlibat langsung dengan konsumen. Sebelumnya, beliau pernah menduduki beberapa posisi di Jardine Group, termasuk Astra International, Jardine Motors Group, Jardine Matheson, dan Federal International Finance.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 42 tahun pada 31 Desember 2021.

Jerry Goei

Direktur
Jerry Goei
Direktur

Jerry (Yerry) Goei diangkat sebagai Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2020. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 38, tanggal 19 Juli 2021, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Sebelum bergabung dengan Perseroan sebagai COO pada tahun 2020, Jerry Goei menjabat sebagai Presiden Direktur dari Dwi Satrya Utama (DSU) Group sejak Desember 2015. Sebelum bergabung di DSU, beliau bekerja empat tahun di Northstar Group yang merupakan salah satu Private Equity terkemuka di Indonesia hingga akhir 2015, dengan posisi terakhir sebagai Managing Director dan Head of Operation dari portofolio perusahaan-perusahaan Northstar. Sebelum bergabung dengan Northstar, beliau telah memegang posisi senior di berbagai perusahaan, antara lain sebagai Country Director dari AkzoNobel Group di Indonesia, dan sehari-harinya merangkap sebagai President Director dan CEO dari PT ICI Paints Indonesia (Dulux) yang merupakan salah satu anak perusahaan terbesar AkzoNobel di Indonesia. Beliau telah bergabung selama 12 tahun di ICI/Akzonobel. Beliau juga sebelumnya pernah bekerja di Accenture, American Standard dan Sampoerna.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 52 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar sarjana (BSc) di bidang Computer Science dari University of Texas, USA di tahun 1991 dan MBA dari Baylor University di Texas, USA di tahun 1992. Setelah itu Beliau mengikuti program Executive Development di IMD (Swiss) di tahun 2007 dan INSEAD (Perancis) di tahun 2011.

Tim Manajemen

Adrian Suherman

Chief Executive Officer
Adrian Suherman
Chief Executive Officer

Beliau mengawali karirnya pada tahun 1995, memimpin pengembangan produk, strategi, dan operasi untuk perusahaan-perusahaan perangkat lunak global termasuk Oracle dan Sun Microsystems di Silicon Valley. Setelah bertugas di Amerika Serikat, beliau kembali ke Indonesia sebagai manajer untuk firma konsultan manajemen top-tier A.T. Kearney (2007-2010) dan berhasil mendirikan perusahaan startup Dealkeren (akhirnya dijual ke Livingsocial), perusahaan e-commerce yang paling cepat berkembang dan paling signifikan di Indonesia (2010-2012). Beliau kemudian bergabung kembali dengan dunia korporat melalui Telkomsel sebagai Wakil Presiden (2012-2014) dan membuka jalan bagi Telkomsel untuk menjadi pemain penting dalam periklanan mobile Indonesia. Sebagai seorang wirausahawan, beliau mendirikan startup lain yang sukses, aCommerce (2014-2015), sebelum menerima jabatan sebagai CEO di OVO (PT Visionet Internasional) (2016-2019). Selain di Perseroan, saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak 2019), Presiden Komisaris di PT Multipolar Technology Tbk (sejak 2019), dan Komisaris di PT Matahari Department Store Tbk (sejak 2020).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 48 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar MBA dalam Strategi dan Operasional Korporasi dari European Institute for Business Administration (INSEAD) pada 2006. Beliau juga meraih gelar Master of Science di bidang Teknik Elektro dari Stanford University, Amerika Serikat (1997), dan gelar Bachelor of Science di bidang Computer Engineering dari University of Arizona, Amerika Serikat (1995).

Rudy Ramawy

Deputy Chief Executive Officer
Rudy Ramawy
Deputy Chief Executive Officer

Beliau memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di berbagai industri, seperti Procter & Gamble (1994), Sony Music (1997-1999, 2002-2005), Warner (1999-2002), RCTI/MNC Group (2008-2011). Jabatan yang terutama adalah ketika beliau menjadi Country Director di Google Indonesia dari 2012 hingga 2015, dimana beliau membuka jalan agar kehadiran Google di masyarakat semakin kuat sehingga pertumbuhan Google semakin pesat di Indonesia. Beliau memimpin kegiatan operasional Google, serta meluncurkan YouTube Indonesia dan Google Maps Street View. Beliau juga merupakan Pendiri dan Managing Partner dari Venturra Capital, perusahaan yang beliau dirikan pada 2015 yang berinvestasi dalam teknologi tahap awal/pertumbuhan di seluruh wilayah. Posisi lain yang juga dijabat beliau termasuk Komisaris di Ruangguru (sejak 2015), Sociolla (sejak 2015), dan OVO (sejak 2016). Di luar aktivitas sehari-harinya, beliau berperan aktif sebagai sukarelawan dan mentor dalam pengembangan masyarakat. Beliau juga menjabat sebagai Komisaris PT Matahari Department Store Tbk (2018-2020). Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Komisaris di PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak 2018).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 50 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar sarjana Teknik Kimia dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat.

Fendi Santoso

Chief Financial Officer
Fendi Santoso
Chief Financial Officer

Beliau memiliki pengalaman selama 19 tahun dalam bidang private equity dan korporasi. Sebelum di Perseroan, beliau menjabat sebagai CFO di PT Matahari Putra Prima Tbk. Beliau juga menghabiskan 4 tahun di The Abraaj Group sebagai Direktur Grup yang membawahi beragam investasi di Asia Tenggara dan 5 tahun di Northstar Group – perusahaan private equity yang berfokus pada negara-negara di Asia Tenggara, dimana beliau terlibat dalam beberapa transaksi di sektor-sektor yang beragam, termasuk beberapa jasa keuangan dan bisnis-bisnis yang terlibat langsung dengan konsumen. Sebelumnya, beliau pernah menduduki beberapa posisi di Jardine Group, termasuk Astra International, Jardine Motors Group, Jardine Matheson, dan Federal International Finance.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 42 tahun pada 31 Desember 2021.

Agus Arismunandar

Chief Business Development & Investor Relations Officer
Agus Arismunandar
Chief Business Development & Investor Relations Officer

Beliau mengawali karirnya di Lippo Group pada 2006 ketika bergabung dengan PT Matahari Department Store Tbk, dengan Head of Marketing & Promotion sebagai jabatan terakhirnya. Pada 2013 beliau bergabung dengan Perseroan sebagai Head of Investor Relations, lalu sejak 2019 beliau menjabat sebagai anggota Direksi dan menempati beberapa posisi di anak-anak usaha Perseroan.Beliau mengawali karirnya di Lippo Group pada 2006 ketika bergabung dengan PT Matahari Department Store Tbk, dengan Head of Marketing & Promotion sebagai jabatan terakhirnya. Pada 2013, beliau bergabung dengan Perseroan sebagai Head of Investor Relations, lalu sejak 2019 beliau menjabat sebagai anggota Direksi dan menempati beberapa posisi di anak-anak usaha Perseroan.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 56 tahun pada 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Electrical Engineering pada tahun 1988 dari California State University di Long Beach, Amerika Serikat dan gelar Master of Business Administration di bidang Marketing dan IT pada tahun 1991 dari University of California di Davis, Amerika Serikat.

Jerry Goei

Chief Operating Officer
Jerry Goei
Chief Operating Officer

Sebelum bergabung dengan Perseroan sebagai COO pada tahun 2020, Jerry Goei menjabat sebagai Presiden Direktur dari Dwi Satrya Utama (DSU) Group sejak Desember 2015. Sebelum bergabung di DSU, beliau bekerja empat tahun di Northstar Group yang merupakan salah satu Private Equity terkemuka di Indonesia hingga akhir 2015, dengan posisi terakhir sebagai Managing Director dan Head of Operation dari portofolio perusahaan-perusahaan Northstar. Sebelum bergabung dengan Northstar, beliau telah memegang posisi senior di berbagai perusahaan, antara lain sebagai Country Director dari AkzoNobel Group di Indonesia, dan sehari-harinya merangkap sebagai President Director dan CEO dari PT ICI Paints Indonesia (Dulux) yang merupakan salah satu anak perusahaan terbesar AkzoNobel di Indonesia. Beliau telah bergabung selama 12 tahun di ICI/Akzonobel. Beliau juga sebelumnya pernah bekerja di Accenture, American Standard dan Sampoerna.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 52 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar sarjana (BSc) di bidang Computer Science dari University of Texas, USA di tahun 1991 dan MBA dari Baylor University di Texas, USA di tahun 1992. Setelah itu Beliau mengikuti program Executive Development di IMD (Swiss) di tahun 2007 dan INSEAD (Perancis) di tahun 2011.

Lina Latif

Chief Legal Officer & Corporate Services
Lina Latif
Chief Legal Officer & Corporate Services

Lina Latif memulai karir di Kantor Akuntan Publik Prasetio, Utomo Co. dengan jabatan terakhir sebagai Senior Auditor (1979-1984), kemudian bergabung dengan Lippo Group pada tahun 1985. Jabatan terakhir beliau adalah sebagai Direktur di PT Matahari Putra Prima Tbk (2001-2018) dan Direktur Perseroan (2013-2018).

Beliau adalah warga negara Indonesia dan per tanggal 31 Desember 2021 berusia 65 tahun. Beliau memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Trisakti pada tahun 1980 dan gelar Magister Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2014.

Tati Hartawan

Chief Human Resources Officer
Tati Hartawan
Chief Human Resources Officer

Tati Hartawan mengawali karirnya di Citibank Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Global Consumer Business Human Resources Head, Senior Vice President (1989 – 2013). Kemudian beliau menjabat sebagai Human Capital Director di Bank Mega (2013 – 2016), sebelum bergabung dengan Lippo Group sebagai Senior HR Executive (2016 – saat ini).

Beliau merupakan warga negara Indonesia dan per 31 Desember 2021, beliau berusia 55 tahun. Beliau memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Science) Akuntansi dari San Fransisco State University, Amerika Serikat (1988).

Raditya Pramana

Head of Digital & Partner at Venturra
Raditya Pramana
Head of Digital & Partner at Venturra

Raditya has years of experience in investing and advising technology ventures in Southeast Asia. He is a Partner at Venturra, an early-stage Venture Capital firm that focuses on investing in early-stage high growth startups in Southeast Asia. He started his career as an investment professional at IMJ Investment Partners and was responsible for the Japanese fund’s investment activities in Indonesia.

Raditya was awarded with Forbes Indonesia 30 Under 30 in 2020 and chosen as one of the Young Leaders for Indonesia by McKinsey & Company. Raditya is an Indonesian citizen. He holds an Information Systems Degree from Binus International University.

Komite Audit

Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL

Ketua
Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL
Ketua

Ketua Komite Audit Hadi Cahyadi juga menjabat sebagai Komisaris Independen Perseroan.

Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL adalah pendiri dan Managing Partner dari Helios Capital, salah satu perusahaan penasihat keuangan yang paling aktif dan terkemuka di Indonesia yang berfokus pada M&A Advisory, Capital Raising dan Debt Restructuring. Pengalaman beliau yang luas termasuk menangani beragam aksi korporasi seperti akuisisi dan divestasi perusahaan perkebunan, produk konsumen, F&B, komoditas hasil pertanian, properti, pariwisata, dan infrastruktur. Beliau memiliki pengalaman profesional di berbagai kantor akuntan publik internasional, sebagai auditor maupun sebagai penasihat keuangan, yaitu Arthur Andersen Jakarta, KPMG Jakarta dan Melbourne, Ernst & Young Jakarta, Deloitte Jakarta, dan PB Taxand Jakarta. Beliau sempat menjalani pelatihan di bidang Corporate Recovery saat bergabung dengan KPMG Melbourne. Saat ini, beliau menjabat sebagai Komisaris Independen merangkap Ketua Komite Audit di beberapa perusahaan yaitu PT Lippo Cikarang Tbk dan PT Sekar Bumi Tbk. Sementara itu, di PT Indonesian Paradise Property Tbk, beliau menjabat sebagai Presiden Komisaris (Independen) merangkap Ketua Komite Audit.

Beliau merupakan warga negara Indonesia, berusia 55 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Doktor di bidang Research Management dari Universitas Pelita Harapan, Indonesia, gelar Master di bidang Administrasi Bisnis (MBA) dari University of Houston – Clear Lake, Amerika Serikat dan gelar Master di bidang Hukum Perusahaan (MCL) dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Australia. Beliau meraih gelar sarjana Akuntansi dari Universitas Tarumanagara, Indonesia.

Dennis Valencia

Anggota
Dennis Valencia
Anggota

Selama lebih dari 36 tahun, Dennis Valencia memiliki pengalaman profesional dalam bidang kapasitas manajerial. Beliau memulai karirnya sebagai Marketing Research Supervisor di Soriamont Shipping (1984-1986), diikuti dengan pengalaman bekerja selama beberapa tahun pada beberapa posisi dalam industri properti di Marina Properties Corp. (1988-1990) dan Ayala Land Inc (1990-1994). Beliau bergabung dengan Lippo Karawaci Tbk pada tahun 1994 dalam Business Development, kemudian menjabat sebagai Senior Research Manager di Asia Kapitalindo Securities (1997-2000). Setelah pengalaman singkat sebagai wiraswasta (2000-2005), beliau kemudian bergabung dengan Agung Podomoro Group sebagai General Manager (2005-2007) dan PT Lippo Karawaci Tbk sebagai Konsultan (2007-saat ini).

Beliau merupakan warga negara Filipina dan berusia 59 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Master di bidang Manajemen Bisnis dari Asian Institute of Management dan gelar Sarjana di bidang Ekonomi Bisnis dari University of Philippines.

Liu Raymond

Anggota
Liu Raymond
Anggota

Liu Raymond pernah menjabat sebagai Presiden Universitas Pelita Harapan (UPH) selama empat tahun (2014-2016). Saat ini, beliau menjabat sebagai Komisaris di Agro Investama Group (Perkebunan Kelapa Sawit). Beliau memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam industri bubur kertas (pulp) dengan Sinarmas dan International Paper dengan fokus pada manajemen perusahaan dan memimpin proyek-proyek merger & akuisisi internasional, penelitian dan pengembangan dalam pembuatan pulp, pembelian pulp, logistik perusahaan dan penjualan pulp. Selain itu, beliau juga memiliki empat tahun pengalaman dalam penelitian tentang pembuatan pulp yang berasal dari Pusat Penelitian Perusahaan Kertas Internasional di New York, serta tiga tahun pengalaman dalam manajemen pabrik pulp sebagai Kepala Eksekutif dari lebih 9 pabrik pulp di Amerika Serikat, Kanada, dan Prancis.

Beliau adalah warga negara Indonesia dan berusia 63 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Sarjana Teknik Kimia dari National Taiwan University (1982), Master di bidang Teknik Kimia dari West Virginia Institute of Technology, AS (1987) dan Ph.D Teknik Kimia dari North Carolina State University, Raleigh, AS (1992).

Komite Nominasi & Remunerasi

Alexander S. Rusli

Ketua
Alexander S. Rusli
Ketua

Selain menjabat sebagai Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi, Alexander S. Rusli merangkap jabatan sebagai Komisaris Independen Perseroan.

Setelah bekerja sebagai dosen tetap di Australia, beliau kembali ke Indonesia pada tahun 1997 dan memulai perjalanan karir di Indonesia di PricewaterhouseCoopers sebagai Manajemen Konsultan yang berfokus pada proyek Implementasi TI besar.

Sebagai eksekutif yang aktif dengan pengalaman serta latar belakang yang kuat di bidang teknologi, posisi atau jabatan-jabatan penting di perusahaan swasta yang pernah diduduki selama perjalanan karir beliau antara lain: CEO di PT Indosat Tbk, sebuah perusahaan operator telekomunikasi terbesar ke-2 di Indonesia, sejak tahun 2012-2017; Komisaris Independen di PT Sarana Menara Nusantara Tbk (Protelindo) (2018-2019); Komisaris Independen di PT Medikaloka Hermina Tbk (Hermina Hospital Group) (2018-sekarang); Komisaris Independen di PT Unilever Indonesia Tbk (2018-sekarang); Komisaris di PT Solusi Sinergi Digital Tbk (2019-sekarang); Ketua di iFlix Indonesia (2018-Mei 2020); Komisaris Independen di PT Link Net Tbk (2020-sekarang).

Beliau juga menduduki beberapa posisi di pemerintahan, yaitu sebagai Staf Ahli di Kementerian Komunikasi dan Informatika (2001 – 2007); Staf Ahli di Kementerian BUMN (2007 – 2009); Staf Ahli Menteri Keuangan RI untuk Sistem Perpajakan Nasional (2019 – sekarang); Penasihat untuk Crescent Point untuk Indonesia (2019 – sekarang). Sejak tahun 2007-2009, beliau menjabat beberapa posisi di beberapa Badan Usaha Milik Negara antara lain sebagai Komisaris di PT Krakatau Steel Tbk; Komisaris Utama di PT Geodipa Energi; Komisaris di PT Kertas Kraft Aceh.

Di samping itu, beliau juga merupakan pendiri PT Digi Asia Bios, sebuah perusahaan Fintech terkonsolidasi holding yang menawarkan layanan keuangan pembayaran, kredit dan remittance digital di Indonesia. Beliau juga memiliki Joint Venture bersama Tempo Digital Media yang berfokus pada animasi untuk Indonesian IP characters.

Beliau aktif menumbuhkan dan menginkubasi perusahaan digital dengan berinvestasi di startup tahap awal dan mengambil peran di dalamnya baik sebagai anggota dewan aktif atau sebagai penasihat aktif. Selain aktif berinvestasi, beliau juga secara aktif membimbing banyak startup yang menjajaki model bisnis baru seperti IRMA, GrosirOne, Surge, Doogether, dll.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 50 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih beberapa gelar antara lain Bachelor of Business, Information System pada tahun 1992, Bachelor of Commerce (Hons), Information System pada tahun 1993 dan Doctor of Philosophy (Ph.D), Information System pada tahun 2000, ketiga gelar tersebut diperoleh dari Curtin University of Technology, Perth, Australia.

Bunjamin J. Mailool

Anggota
Bunjamin J. Mailool
Anggota

Bunjamin J. Mailool telah menjadi anggota Komite Nominasi dan Remunerasi sejak tahun 2015. Beliau juga menjabat sebagai Presiden Komisaris Perseroan.

Beliau memulai karir profesionalnya di Citibank NA Jakarta pada tahun 1989, dengan posisi terakhir sebagai Vice President pada tahun 1997. Pada bulan Maret 1997, beliau bergabung dengan anak perusahaan Lippo Group di PT Bukit Sentul Tbk sebagai CEO hingga 2001. Beliau menjabat sebagai Presiden Direktur untuk PT Matahari Putra Prima Tbk pada tahun 2002 sampai tahun 2018 dan PT Matahari Department Store Tbk sejak tahun 2009. Beliau menjabat sebagai Presiden Direktur Perseroan dari 2014 hingga 2015, yang mana beliau menerima penunjukannya sebagai anggota Komite Nominasi dan Remunerasi dari 2015 hingga saat ini, dan juga menjabat sebagai Presiden Komisaris.

Beliau adalah warga negara Indonesia, telah genap berusia 58 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar MBA dari Oklahoma University dan gelar BSc dari California State University of Fresno, Amerika Serikat.

Tati Hartawan

Anggota
Tati Hartawan
Anggota

Tati Hartawan mengawali karirnya di Citibank Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Global Consumer Business Human Resources Head, Senior Vice President (1989 – 2013). Kemudian beliau menjabat sebagai Human Capital Director di Bank Mega (2013 – 2016), sebelum bergabung dengan Lippo Group sebagai Senior HR Executive (2016 – saat ini).

Beliau merupakan warga negara Indonesia dan berusia 55 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Science) Akuntansi dari San Fransisco State University, Amerika Serikat (1988).

Bagus Purboyo

Anggota
Bagus Purboyo
Anggota

Bagus Purboyo memulai karirnya di bagian Sumber Daya Manusia di PT Voksel Electric Tbk (1990-1994). Setelah itu, beliau menjabat sebagai General Manager untuk Departemen Sumber Daya Manusia di PT Bukit Sentul Tbk (1994-2004) dan General Manager untuk Departemen Sumber Daya Manusia di PT Matahari Putra Prima Tbk (2004-2013). Saat ini, beliau juga menempati posisi sebagai Komisaris di PT Surya Cipta Investama (2014-sekarang) dan anggota Komite Nominasi dan Remunerasi PT Matahari Putra Prima Tbk (2015-sekarang).

Beliau adalah warga negara Indonesia, dan usia Beliau per tanggal 31 Desember 2021 adalah 59 tahun. Beliau memperoleh gelar Sarjana Agronomi dari Universitas Pembangunan Nasional, Surabaya pada tahun 1986 dan mengikuti Program Manajemen Widyawiyata di IPPM.

Tata Kelola Perusahaan
Pedoman Kerja

Dalam rangka meningkatkan penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan, maka Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan wajib menyusun pedoman yang mengikat setiap anggota Dewan Komisaris dan Direksi. Dengan adanya peningkatan pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance), maka akan membawa dampak positif bagi Perseroan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan investor terhadap Perseroan.

Pedoman Kerja Dewan Komisaris
Pedoman Kerja Direksi
Komite Audit

Untuk membantu tugas dan fungsi pengawasannya, Dewan Komisaris berwenang untuk membentuk Komite Audit sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan OJK No.55/POJK.04/2015 tanggal 29 Desember 2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit (POJK 55/2015), dan Peraturan BEI No. I-A, lampiran Keputusan Direksi BEI No. Kep-00001/BEI/01-2014 tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat. Peraturan BEI No. I-A tersebut telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi sejak 27 Desember 2018, lalu diganti dengan Peraturan BEI No. I-A Lampiran Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia No. Kep-00183/BEI/12-2018 tanggal 27 Desember 2018 (Peraturan BEI No. I-A Tahun 2018). Komite Audit bertanggung jawab membentuk sistem pengendalian internal yang tepat, peningkatan kualitas transparansi dan laporan keuangan, serta penilaian ruang lingkup, ketelitian, kemandirian dan objektivitas terhadap audit eksternal.

PIAGAM KOMITE AUDIT
Piagam Komite Audit Perseroan dapat diakses di situs resmi Perseroan.

KOMPOSISI KOMITE AUDIT
Sebagaimana diatur dalam POJK 55/2015 dan Piagam Komite Audit, Dewan Komisaris mengangkat anggota Komite Audit. Anggota Komite Audit terdiri dari 3 (tiga) orang anggota yang berasal dari Komisaris Independen dan pihak dari luar Perseroan. Komite Audit diketuai oleh Komisaris Independen.

Dalam Surat Keputusan Dewan Komisaris (SK Dekom) No. CSS.061-2020 tanggal 1 Juli 2020, komposisi Komite Audit Perseroan adalah sebagai berikut:

  • Ketua: Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL
  • Anggota: Dennis Valencia, Liu Raymond

SK Dekom juga membatasi masa jabatan Anggota Komite Audit selama 1 (satu) periode terhitung sejak tanggal pengangkatan anggota Komite Audit sampai ditutupnya RUPST untuk tahun buku 2022 yang akan diadakan pada tahun 2023.

INDEPENDENSI KOMITE AUDIT
Untuk memastikan independensi dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab Komite Audit, Komisaris Independen memimpin Komite Audit yang memiliki 2 (dua) anggota dari luar Perseroan, dimana salah satunya memiliki kemampuan di bidang akuntansi dan keuangan.

Anggota Komite Audit tidak memiliki hubungan afiliasi atau dipekerjakan oleh akuntan publik, perusahaan konsultan, atau pihak ketiga yang memberikan jasanya kepada Perseroan dalam 6 (enam) bulan terakhir. Anggota Komite Audit bukan merupakan orang yang bekerja atau mempunyai wewenang dan tanggung jawab untuk merencanakan, memimpin, mengendalikan atau mengawasi kegiatan Perseroan dalam waktu 6 (enam) bulan terakhir, kecuali Komisaris Independen.

Anggota Komite Audit juga tidak memiliki saham langsung maupun tidak langsung di Perseroan, dan tidak memiliki hubungan keluarga maupun afiliasi dengan Dewan Komisaris, jajaran Direksi, pemegang saham atau pihak pengendali yang dapat mempengaruhi kinerja tugas mereka.

Tugas, Tanggung Jawab, dan Kegiatan Komite Audit pada Tahun 2021
Selama tahun buku 2021, Komite Audit menyelenggarakan kegiatan berikut dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab mereka dan sesuai dengan POJK 55/2015, Peraturan BEI No. I-A Tahun 2018 dan Piagam Komite Audit yang diuraikan oleh Dewan Komisaris:

  1. Melakukan audit dan penelaahan informasi keuangan Perseroan yang dikeluarkan ke publik dan/atau pihak otoritas, termasuk laporan keuangan, proyeksi dan laporan lain terkait dengan informasi keuangan Perseroan;
  2. Melakukan evaluasi dan penelaahan kegiatan Perseroan dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku;
  3. Memberikan pendapat independen apabila terjadi perbedaan pendapat antara manajemen dan akuntan yang ditunjuk atas jasa layanan yang diberikannya;
  4. Mengkaji dan memberi rekomendasi mengenai penunjukan akuntan berdasarkan independensi, ruang lingkup kerja dan remunerasi;
  5. Melakukan evaluasi dan penelaahan laporan Auditor Internal dan mengawasi pelaksanaan tindak lanjut oleh Direksi atas temuan audit;
  6. Menelaah pelaksanaan kegiatan Manajemen Risiko yang dilakukan oleh Direksi;
  7. Menelaah dan memberi nasihat kepada Dewan Komisaris terkait adanya potensi benturan kepentingan;
  8. Menelaah pengaduan terkait laporan akuntansi dan keuangan Perseroan; dan
  9. Menjaga kerahasiaan dokumen, data, dan informasi Perseroan lainnya.

KEBIJAKAN DAN IMPLEMENTASI TINGKAT KEHADIRAN DAN FREKUENSI RAPAT KOMITE AUDIT
Komite Audit wajib menyelenggarakan Rapat paling sedikit 1 (satu) kali dalam 3 (tiga) bulan. Rapat Komite Audit dianggap sah dan mengikat apabila lebih dari ½ (setengah) dari jumlah anggota Komite hadir atau diwakili secara sah. Keputusan diambil berdasarkan musyawarah dan mufakat. Risalah Rapat mendokumentasi dan mencatat setiap diskusi dan keputusan, termasuk apabila terjadi perbedaan pendapat. Semua anggota Komite Audit yang hadir harus menandatangani Risalah Rapat yang kemudian disampaikan kepada Dewan Komisaris.

Selama tahun buku 2021, Komite Audit menyelenggarakan 4 (empat) kali rapat berkala.

Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL

Ketua
Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL
Ketua

Ketua Komite Audit Hadi Cahyadi juga menjabat sebagai Komisaris Independen Perseroan.

Dr. Hadi Cahyadi, S.E., MBA, MCL adalah pendiri dan Managing Partner dari Helios Capital, salah satu perusahaan penasihat keuangan yang paling aktif dan terkemuka di Indonesia yang berfokus pada M&A Advisory, Capital Raising dan Debt Restructuring. Pengalaman beliau yang luas termasuk menangani beragam aksi korporasi seperti akuisisi dan divestasi perusahaan perkebunan, produk konsumen, F&B, komoditas hasil pertanian, properti, pariwisata, dan infrastruktur. Beliau memiliki pengalaman profesional di berbagai kantor akuntan publik internasional, sebagai auditor maupun sebagai penasihat keuangan, yaitu Arthur Andersen Jakarta, KPMG Jakarta dan Melbourne, Ernst & Young Jakarta, Deloitte Jakarta, dan PB Taxand Jakarta. Beliau sempat menjalani pelatihan di bidang Corporate Recovery saat bergabung dengan KPMG Melbourne. Saat ini, beliau menjabat sebagai Komisaris Independen merangkap Ketua Komite Audit di beberapa perusahaan yaitu PT Lippo Cikarang Tbk dan PT Sekar Bumi Tbk. Sementara itu, di PT Indonesian Paradise Property Tbk, beliau menjabat sebagai Presiden Komisaris (Independen) merangkap Ketua Komite Audit.

Beliau merupakan warga negara Indonesia, berusia 55 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Doktor di bidang Research Management dari Universitas Pelita Harapan, Indonesia, gelar Master di bidang Administrasi Bisnis (MBA) dari University of Houston – Clear Lake, Amerika Serikat dan gelar Master di bidang Hukum Perusahaan (MCL) dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Australia. Beliau meraih gelar sarjana Akuntansi dari Universitas Tarumanagara, Indonesia.

Dennis Valencia

Anggota
Dennis Valencia
Anggota

Selama lebih dari 36 tahun, Dennis Valencia memiliki pengalaman profesional dalam bidang kapasitas manajerial. Beliau memulai karirnya sebagai Marketing Research Supervisor di Soriamont Shipping (1984-1986), diikuti dengan pengalaman bekerja selama beberapa tahun pada beberapa posisi dalam industri properti di Marina Properties Corp. (1988-1990) dan Ayala Land Inc (1990-1994). Beliau bergabung dengan Lippo Karawaci Tbk pada tahun 1994 dalam Business Development, kemudian menjabat sebagai Senior Research Manager di Asia Kapitalindo Securities (1997-2000). Setelah pengalaman singkat sebagai wiraswasta (2000-2005), beliau kemudian bergabung dengan Agung Podomoro Group sebagai General Manager (2005-2007) dan PT Lippo Karawaci Tbk sebagai Konsultan (2007-saat ini).

Beliau merupakan warga negara Filipina dan berusia 59 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Master di bidang Manajemen Bisnis dari Asian Institute of Management dan gelar Sarjana di bidang Ekonomi Bisnis dari University of Philippines.

Liu Raymond

Anggota
Liu Raymond
Anggota

Liu Raymond pernah menjabat sebagai Presiden Universitas Pelita Harapan (UPH) selama empat tahun (2014-2016). Saat ini, beliau menjabat sebagai Komisaris di Agro Investama Group (Perkebunan Kelapa Sawit). Beliau memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam industri bubur kertas (pulp) dengan Sinarmas dan International Paper dengan fokus pada manajemen perusahaan dan memimpin proyek-proyek merger & akuisisi internasional, penelitian dan pengembangan dalam pembuatan pulp, pembelian pulp, logistik perusahaan dan penjualan pulp. Selain itu, beliau juga memiliki empat tahun pengalaman dalam penelitian tentang pembuatan pulp yang berasal dari Pusat Penelitian Perusahaan Kertas Internasional di New York, serta tiga tahun pengalaman dalam manajemen pabrik pulp sebagai Kepala Eksekutif dari lebih 9 pabrik pulp di Amerika Serikat, Kanada, dan Prancis.

Beliau adalah warga negara Indonesia dan berusia 63 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Sarjana Teknik Kimia dari National Taiwan University (1982), Master di bidang Teknik Kimia dari West Virginia Institute of Technology, AS (1987) dan Ph.D Teknik Kimia dari North Carolina State University, Raleigh, AS (1992).

Piagam Komite Audit (EN)
Piagam Komite Audit (ID)
Komite Nominasi & Remunerasi

Untuk memastikan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan meningkatkan transparansi proses nominasi dan remunerasi, Perseroan mematuhi Peraturan OJK No. 34/POJK.04/2014 tanggal 8 Desember 2014 tentang Komite Nominasi dan Remunerasi Emiten atau Perusahaan Publik (“POJK 34/2014”). Dewan Komisaris membentuk Komite Nominasi dan Remunerasi berdasarkan peraturan OJK untuk mendukung peningkatan kualitas, kompetensi dan tanggung jawab Dewan Komisaris dan Direksi.

KOMPOSISI KOMITE NOMINASI DAN REMUNERASI

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan terdiri atas 3 (tiga) anggota dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Satu orang ketua komite, merangkap sebagai Komisaris Independen;
  2. Anggota-anggota lain ditunjuk dari:
    • Anggota Dewan Komisaris;
    • Pihak dari luar Perseroan; atau
    • Pihak yang menduduki posisi manajerial di bawah Direksi yang bertanggung jawab atas sumber daya manusia, tetapi tidak boleh menjadi mayoritas anggota dalam komite.

Dewan Komisaris menetapkan pengangkatan atau pemberhentian anggota Komite Nominasi dan Remunerasi. Sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Komisaris No.CSS.065-2022 tanggal 21 Juni 2022, berikut anggota-anggota yang membentuk Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan, efektif sejak tanggal pengangkatan sampai dengan berakhirnya RUPST untuk tahun buku 2022:

  • Ketua: Alexander S. Rusli
  • Anggota: Bunjamin J. Mailool, Tati Hartawan, Bagus Purboyo

INDEPENDENSI KOMITE NOMINASI DAN REMUNERASI

Setiap anggota Komite Nominasi dan Remunerasi wajib mematuhi Kode Etik Perseroan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan itikad baik, penuh tanggung jawab, dan kehati-hatian. Anggota Komite juga bekerja dalam koridor yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta standar integritas tertinggi dan independen.

TUGAS, TANGGUNG JAWAB, DAN KEGIATAN KOMITE NOMINASI DAN REMUNERASI

Dalam memenuhi tugas dan tanggung jawabnya, Komite Nominasi dan Remunerasi mengikuti Pedoman Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan serta melaksanakan kegiatan berikut :

I. FUNGSI NOMINASI

  1. Memberikan masukan dan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai:
    • komposisi jabatan anggota Dewan Komisaris dan Direksi;
    • kebijakan dan kriteria dalam pencalonan anggota Dewan Komisaris dan Direksi;
    • kebijakan evaluasi kinerja bagi anggota Dewan Komisaris dan Direksi;
  2. Membantu Dewan Komisaris melakukan penilaian kinerja anggota Dewan Komisaris dan Direksi berdasarkan tolak ukur yang telah disusun sebagai bahan evaluasi;
  3. Memberi rekomendasi kepada Direksi mengenai program pengembangan kemampuan bagi anggota Dewan Komisaris dan Direksi;
  4. Memberikan usulan calon yang memenuhi persyaratan sebagai anggota Dewan Komisaris dan Direksi untuk diserahkan kepada RUPS.

II. FUNGSI REMUNERASI

  1. Memberikan masukan dan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai:
    • Remuneration structures;
    • Kebijakan atas remunerasi; dan
    • Besaran atas remunerasi.
  2. Membantu Dewan Komisaris melakukan penilaian kinerja dengan kesesuaian remunerasi yang diterima masing-masing anggota Dewan Komisaris dan Direksi.

KEBIJAKAN REMUNERASI BAGI ANGGOTA DEWAN KOMISARIS DAN DIREKSI

Di dalam POJK No. 34/2014 mengatur bahwa Komite Nominasi dan Remunerasi memberikan rekomendasi atas gaji dan tunjangan lainnya untuk anggota Dewan Komisaris dan Direksi dimana sistem remunerasi ditetapkan berdasarkan landasan perumusan berdasarkan orientasi performance, market competitiveness dan penyelarasan kapasitas finansial Perseroan.

Gaji dan tunjangan lainnya anggota Dewan Komisaris Perseroan disampaikan oleh Dewan Komisaris untuk dimintakan persetujuan dalam RUPS. Penetapan besarnya gaji dan tunjangan lainnya untuk anggota Direksi ditetapkan oleh Dewan Komisaris berdasarkan pelimpahan kewenangan dari RUPS.

KEBIJAKAN DAN PELAKSANAAN TINGKAT KEHADIRAN DAN FREKUENSI RAPAT KOMITE NOMINASI DAN REMUNERASI

Komite Nominasi dan Remunerasi wajib mengadakan rapat rutin paling sedikit 1 (satu) kali dalam 3 (tiga) bulan, yang dipimpin oleh Ketua Komite. Rapat dapat dilaksanakan apabila dihadiri oleh:

  • Ketua Komite; dan
  • Mayoritas dari jumlah anggota Komite.

Keputusan rapat Komite Nominasi dan Remunerasi dilakukan berdasarkan asas musyawarah mufakat. Apabila tidak mencapai kata mufakat, maka pengambilan keputusan dilakukan berdasarkan pengambilan suara terbanyak. Seluruh keputusan, termasuk perbedaan pendapat, harus dicatat dalam Risalah Rapat yang ditandatangani oleh setiap individu yang hadir dan disampaikan secara tertulis kepada Dewan Komisaris.

Alexander S. Rusli

Ketua
Alexander S. Rusli
Ketua

Selain menjabat sebagai Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi, Alexander S. Rusli merangkap jabatan sebagai Komisaris Independen Perseroan.

Setelah bekerja sebagai dosen tetap di Australia, beliau kembali ke Indonesia pada tahun 1997 dan memulai perjalanan karir di Indonesia di PricewaterhouseCoopers sebagai Manajemen Konsultan yang berfokus pada proyek Implementasi TI besar.

Sebagai eksekutif yang aktif dengan pengalaman serta latar belakang yang kuat di bidang teknologi, posisi atau jabatan-jabatan penting di perusahaan swasta yang pernah diduduki selama perjalanan karir beliau antara lain: CEO di PT Indosat Tbk, sebuah perusahaan operator telekomunikasi terbesar ke-2 di Indonesia, sejak tahun 2012-2017; Komisaris Independen di PT Sarana Menara Nusantara Tbk (Protelindo) (2018-2019); Komisaris Independen di PT Medikaloka Hermina Tbk (Hermina Hospital Group) (2018-sekarang); Komisaris Independen di PT Unilever Indonesia Tbk (2018-sekarang); Komisaris di PT Solusi Sinergi Digital Tbk (2019-sekarang); Ketua di iFlix Indonesia (2018-Mei 2020); Komisaris Independen di PT Link Net Tbk (2020-sekarang).

Beliau juga menduduki beberapa posisi di pemerintahan, yaitu sebagai Staf Ahli di Kementerian Komunikasi dan Informatika (2001 – 2007); Staf Ahli di Kementerian BUMN (2007 – 2009); Staf Ahli Menteri Keuangan RI untuk Sistem Perpajakan Nasional (2019 – sekarang); Penasihat untuk Crescent Point untuk Indonesia (2019 – sekarang). Sejak tahun 2007-2009, beliau menjabat beberapa posisi di beberapa Badan Usaha Milik Negara antara lain sebagai Komisaris di PT Krakatau Steel Tbk; Komisaris Utama di PT Geodipa Energi; Komisaris di PT Kertas Kraft Aceh.

Di samping itu, beliau juga merupakan pendiri PT Digi Asia Bios, sebuah perusahaan Fintech terkonsolidasi holding yang menawarkan layanan keuangan pembayaran, kredit dan remittance digital di Indonesia. Beliau juga memiliki Joint Venture bersama Tempo Digital Media yang berfokus pada animasi untuk Indonesian IP characters.

Beliau aktif menumbuhkan dan menginkubasi perusahaan digital dengan berinvestasi di startup tahap awal dan mengambil peran di dalamnya baik sebagai anggota dewan aktif atau sebagai penasihat aktif. Selain aktif berinvestasi, beliau juga secara aktif membimbing banyak startup yang menjajaki model bisnis baru seperti IRMA, GrosirOne, Surge, Doogether, dll.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 50 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih beberapa gelar antara lain Bachelor of Business, Information System pada tahun 1992, Bachelor of Commerce (Hons), Information System pada tahun 1993 dan Doctor of Philosophy (Ph.D), Information System pada tahun 2000, ketiga gelar tersebut diperoleh dari Curtin University of Technology, Perth, Australia.

Bunjamin J. Mailool

Anggota
Bunjamin J. Mailool
Anggota

Bunjamin J. Mailool telah menjadi anggota Komite Nominasi dan Remunerasi sejak tahun 2015. Beliau juga menjabat sebagai Presiden Komisaris Perseroan.

Beliau memulai karir profesionalnya di Citibank NA Jakarta pada tahun 1989, dengan posisi terakhir sebagai Vice President pada tahun 1997. Pada bulan Maret 1997, beliau bergabung dengan anak perusahaan Lippo Group di PT Bukit Sentul Tbk sebagai CEO hingga 2001. Beliau menjabat sebagai Presiden Direktur untuk PT Matahari Putra Prima Tbk pada tahun 2002 sampai tahun 2018 dan PT Matahari Department Store Tbk sejak tahun 2009. Beliau menjabat sebagai Presiden Direktur Perseroan dari 2014 hingga 2015, yang mana beliau menerima penunjukannya sebagai anggota Komite Nominasi dan Remunerasi dari 2015 hingga saat ini, dan juga menjabat sebagai Presiden Komisaris.

Beliau adalah warga negara Indonesia, telah genap berusia 58 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar MBA dari Oklahoma University dan gelar BSc dari California State University of Fresno, Amerika Serikat.

Tati Hartawan

Anggota
Tati Hartawan
Anggota

Tati Hartawan mengawali karirnya di Citibank Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Global Consumer Business Human Resources Head, Senior Vice President (1989 – 2013). Kemudian beliau menjabat sebagai Human Capital Director di Bank Mega (2013 – 2016), sebelum bergabung dengan Lippo Group sebagai Senior HR Executive (2016 – saat ini).

Beliau merupakan warga negara Indonesia dan berusia 55 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Science) Akuntansi dari San Fransisco State University, Amerika Serikat (1988).

Bagus Purboyo

Anggota
Bagus Purboyo
Anggota

Bagus Purboyo memulai karirnya di bagian Sumber Daya Manusia di PT Voksel Electric Tbk (1990-1994). Setelah itu, beliau menjabat sebagai General Manager untuk Departemen Sumber Daya Manusia di PT Bukit Sentul Tbk (1994-2004) dan General Manager untuk Departemen Sumber Daya Manusia di PT Matahari Putra Prima Tbk (2004-2013). Saat ini, beliau juga menempati posisi sebagai Komisaris di PT Surya Cipta Investama (2014-sekarang) dan anggota Komite Nominasi dan Remunerasi PT Matahari Putra Prima Tbk (2015-sekarang).

Beliau adalah warga negara Indonesia, dan usia Beliau per tanggal 31 Desember 2021 adalah 59 tahun. Beliau memperoleh gelar Sarjana Agronomi dari Universitas Pembangunan Nasional, Surabaya pada tahun 1986 dan mengikuti Program Manajemen Widyawiyata di IPPM.

Piagam Komite Nominasi & Remunerasi

Sekretaris Perusahaan

Perseroan wajib melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik bagi keberlangsungan usaha Perseroan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan para pemegang saham dan para pemangku kepentingan lainnya.

Untuk memastikan kelancaran komunikasi antara Perseroan dengan para pemangku kepentingannya, Direksi menunjuk Sekretaris Perusahaan dalam rangka menunjang tugas dan tanggung jawabnya. Oleh karena itu, peran Sekretaris Perusahaan semakin dibutuhkan untuk memastikan kepatuhan Perseroan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan meningkatkan pelaksanaan tata kelola Perseroan.

TUGAS, TANGGUNG JAWAB DAN KEGIATAN SEKRETARIS PERUSAHAAN PADA 2021
Sebagai penghubung antara Perseroan dan para pemangku kepentingan, Sekretaris Perusahaan bertugas membangun dan menjunjung tinggi kepercayaan dan keyakinan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya dalam Perseroan. Selain memantau dan menerapkan kepatuhan Perseroan terhadap hukum, peraturan, dan standar yang berlaku, pada tahun 2021 Sekretaris Perusahaan menjalankan tugas dan tanggung jawab berikut:

  1. Mengikuti perkembangan pasar modal, termasuk peraturan dan pedoman pasar modal yang terkait dengan Perseroan Terbatas dan Anggaran Dasar Perseroan;
  2. Memberikan masukan kepada Dewan Komisaris dan Direksi serta memberikan rekomendasi tindakan yang memastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan pasar modal;
  3. Membantu Dewan Komisaris dan Direksi dalam penerapan GCG, khususnya melalui:
    • Pengungkapan informasi publik dan ketersediaannya dalam situs Perseroan;
    • Penyampaian laporan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK dan BEI;
    • Penyelenggaraan dan dokumentasi Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk Tahun Buku 2020 dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan pada tanggal 19 Juli 2021 dan RUPSLB yang diselenggarakan pada tanggal 24 November 2021 secara fisik di Menara Matahari, Lantai 20, Boulevar Palem Raya Lippo Village 1200, Tangerang 15811 dan secara elektronik melalui aplikasi Electronic General Meeting System eASY.KSEI yang disediakan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia; dan
    • Penyelenggaraan dan dokumentasi setiap rapat Dewan Komisaris dan Direksi dan rapat gabungannya.
  4. Bertindak sebagai sumber informasi utama Perseroan untuk pemegang saham, OJK, dan pemangku kepentingan lainnya, khususnya dengan:
    • Memberi informasi dan penjelasan atas peraturan OJK yang diterbitkan pada tahun 2021;
    • Mengadakan Paparan Publik Tahunan pada tanggal 19 Juli 2021 secara fisik di Menara Matahari, Lantai 20, Boulevar Palem Raya Lippo Village 1200, Tangerang 15811 dan secara elektronik melalui aplikasi Electronic General Meeting System eASY.KSEI yang disediakan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia;
    • Mengadakan Paparan Publik Insidentil pada tanggal 25 Mei 2021 dengan Video Live Conference melalui Aplikasi Zoom;
    • Mengungkapkan semua informasi material yang terjadi selama 2021 kepada masyarakat umum; dan
    • Mengelola registrasi untuk daftar pemegang saham dan pencatatan khusus bekerja sama dengan biro administrasi saham yang ditunjuk.

Natalie Lie

Sekretaris Perusahaan
Natalie Lie
Sekretaris Perusahaan

Berdasarkan Surat Keputusan Direksi Perseroan No CSS.068-2020 tanggal 20 Juli 2020, Perseroan mengangkat Natalie Lie sebagai Sekretaris Perusahaan.

Beliau mengawali karirnya di Lippo Group pada 2009 ketika bergabung dengan Times Bookstore. Pada 2011, beliau bergabung di Legal Corporate & Corporate Services PT Matahari Putra Prima Tbk, lalu sejak 2013 bergabung di Legal Corporate & Corporate Services PT Multipolar Tbk.

Beliau memperoleh gelar double degree Executive Master of Business Administration dari Universitas Pelita Harapan dan Peking University pada tahun 2015 dan Bachelor of Science (Hons) in Business Information System dari University of Derby pada tahun 2002.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 40 tahun pada 31 Desember 2021.

Penunjukan Sekretaris Perusahaan MLPL
Audit Internal

Unit Audit Internal merupakan unit kerja dalam Perseroan yang menjalankan fungsi audit dan memberikan konsultasi secara independen, objektif, dan profesional.

Pembentukan Unit Audit Internal mengacu pada Peraturan Bapepam-LK No. IX.1.7, lampiran Surat Keputusan Ketua Bapepam-LK No. Kep-496/BL/2008 tanggal 28 November 2008, tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Audit Internal (Peraturan Bapepam-LK No. IX.1.7). Peraturan ini kemudian diubah menjadi Peraturan OJK No. 56/POJK.04/2015 tanggal 29 Desember 2015 (POJK No. 56/2015).

Unit Audit Internal Perseroan senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku yaitu POJK No. 56/2015 dan Keputusan Direksi BEI No. Kep-00001/ BEI/01-2014 tanggal 30 Januari 2014 tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham Yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat (Peraturan BEI No. I-A). Peraturan BEI No. I-A kemudian dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi sejak 27 Desember 2018 dan diganti dengan Peraturan BEI No. I-A Lampiran Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia No. Kep-00183/BEI/12-2018 tanggal 27 Desember 2018 (Peraturan BEI No. I-A Tahun 2018).

Piagam Unit Audit Internal

Piagam Unit Audit Internal Perseroan tersedia di situs web Perseroan. Piagam Unit Audit Internal Perseroan telah disetujui oleh Presiden Direktur dan Ketua Komite Audit. Piagam ini memuat pedoman-pedoman, yang mencakup sebagai berikut:

  1. Visi dan misi;
  2. Struktur dan kedudukan;
  3. Tugas dan tanggung jawab;
  4. Wewenang;
  5. Kode Etik;
  6. Persyaratan keanggotaan;
  7. Pertanggungjawaban; dan
  8. Kemandirian

Struktur dan Kedudukan Unit Audit Internal

Berdasarkan Peraturan OJK No. 56/2015 dan Piagam Audit Internal Perseroan, Unit Audit Internal harus terdiri dari paling kurang 1 (satu) orang Auditor Internal. Besaran dan tingkat kompleksitas kegiatan usaha Perseroan menentukan jumlah auditor internal yang diperlukan. Kepala Unit Audit Internal, yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Direktur, dapat diangkat dan diberhentikan oleh Presiden Direktur atas persetujuan Dewan Komisaris.

Surat pengangkatan Perseroan, tertanggal 4 Januari 2022, yang ditandatangani oleh Presiden Direktur dan Presiden Komisaris, menetapkan 1 (satu) orang auditor internal yakni Rudy Sugianto.

Tugas, Tanggung Jawab dan Kegiatan Unit Audit Internal pada Tahun 2021

Unit Audit Internal secara berkala melakukan evaluasi terhadap Perseroan melalui berbagai kegiatan dan konsultasi tentang sistem manajemen risiko, pengendalian internal dan proses Good Corporate Governance (GCG). Evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai perusahaan dan kinerja operasional.

Tugas dan tanggung jawab Unit Audit Internal sehubungan dengan Piagam Audit Internal dan pelaksanaannya selama tahun buku 2021 dijabarkan sebagai berikut:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana audit internal tahunan;
  • Menganalisa dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan Perseroan;
  • Melakukan pemeriksaan dan penilaian atas efisiensi dan efektivitas di bidang keuangan, akuntansi, operasional, sumber daya manusia, pemasaran, teknologi informasi, dan kegiatan lainnya;
  • Memberikan saran perbaikan dan informasi yang obyektif tentang kegiatan-kegiatan yang diaudit pada semua tingkat manajemen;
  • Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada Presiden Direktur dan Dewan Komisaris;
  • Memantau, menganalisa, dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut perbaikan yang direkomendasikan;
  • Bekerja sama dan berkomunikasi langsung dengan Komite Audit;
  • Menyusun program untuk mengevaluasi mutu kegiatan audit internal yang sedang dilakukannya; dan
  • Melakukan audit khusus apabila diperlukan.

Kode Etik Unit Audit Internal

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, Unit Audit Internal harus mematuhi code of conduct (pedoman perilaku) yang mengatur Perseroan dan Unit Audit Internal.

Kode etik Unit Audit Internal tercantum dalam Piagam Internal Audit, antara lain:

  1. Integritas
    • Melakukan pekerjaan dengan jujur, tekun dan tanggung jawab; dan
    • Menaati hukum dan tidak terlibat dalam tindakan ilegal apapun.
  2. Objektivitas
    • Mengungkapkan semua fakta material yang diketahui; dan
    • Bersikap profesional dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya.
  3. Kerahasiaan
    • Wajib berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan informasi yang diperoleh dalam pelaksanaan tugasnya.
  4. Kompetensi
    • Melakukan audit sesuai dengan Standar Internasional Praktik Profesional Internal Audit; dan
    • Terus-menerus meningkatkan kemampuan dan efektivitas serta kualitas audit.

Sertifikasi Profesional

Perseroan menetapkan akreditasi yang sesuai bagi seluruh anggota yang terlibat dalam pelaksanaan audit kegiatan Perseroan. 

Rudy Sugianto

Kepala Unit Audit Internal
Rudy Sugianto
Kepala Unit Audit Internal

Rudy Sugianto memulai karirnya di Pricewaterhouse Coopers sebagai Senior Associates-Audit pada tahun 2003-2005. Selanjutnya bergabung di PT Axis Telekom Indonesia sebagai Manager Revenue Assurance (2005-2011). Pengetahuan dan pengalamannya yang di bidang keuangan dan audit diasah dari keterlibatannya di beberapa perusahaan, antara lain PT Rajawali Corpora sebagai Manager Internal Audit (2011-2013), PT Multipolar Technology Tbk sebagai Kepala Divisi Accounting, Tax, Operation Support (2013-2018) dan terakhir menjabat sebagai Kepala Divisi Accounting dan Finance (2019 – November 2021). Beliau diangkat sebagai Kepala Unit Audit Internal PT Multipolar Tbk pada tanggal 4 Januari 2022.

Beliau adalah warga negara Indonesia dan berusia 41 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Indonesia pada tahun 2002.

Piagam Internal Audit
Pengungkapan Afiliasi

Pengungkapan Hubungan Afiliasi antara Anggota Dewan Komisaris, Direksi dan Pemegang Saham Utama dan/atau Pemegang Kendali Saham

Nama Perseroan Pemegang Saham Utama dan/atau Pengendali
Dewan Komisaris Direksi Dewan Komisaris Direksi
Bunjamin J. Mailool v   v  
Alexander S. Rusli v      
Hadi Cahyadi v      
Jeffrey K. Wonsono v      
Henry J. Liando v      
Adrian Suherman   v    
Rudy Ramawy   v    
Agus Arismunandar   v    
Fendi Santoso   v    
Jerry Goei   v    

Anggaran Dasar Perusahaan
Anggaran Dasar Tahun 2018 (EN)
Anggaran Dasar Tahun 2018 (ID)
Informasi Saham
Riwayat Saham

Kinerja Saham

Uraian 2021 2020 2019
Jumlah Saham yang Beredar
(ribuan lembar)
14,639,632 14,639,632 14,639,632
Jumlah
Rata-rata
Tertimbang Saham
(ribuan lembar)
14,639,632 14,639,632 12,352,190
Nilai Buku per Saham (Rp) 309 271 384


Ikhtisar Saham

Harga Saham per Triwulan Triwulan 1 Triwulan 2 Triwulan 3 Triwulan 4
2021
Tertinggi (Rp) 120 810 770 580
Terendah (Rp) 57 103 380 320
Akhir (Rp) 105 685 570 370
Volume (Saham) 3,885,360,000 23,442,665,100 11,744,448,400 19,485,480,100
Kapitalisasi Pasar (Rp) 1,537,161,409,350 10,028,148,241,950 8,344,590,507,900 5,416,664,013,900
2020
Tertinggi (Rp) 88 81 58 78
Terendah (Rp) 50 50 50 50
Akhir (Rp) 50 53 50 71
Volume (Saham) 343,252,300 418,668,600 276,769,600 636,836,100
Kapitalisasi Pasar (Rp) 731,981,623,500 775,900,520,910 731,981,623,500 1,039,413,905,370


Riwayat Pencatatan Saham di Bursa Efek Indonesia

Aksi
Korporasi
Tanggal
Pencatatan
Jumlah Saham
Jumlah Saham
(Lembar)
Jumlah Saham
Beredar
Setelah
Transaksi
Nilai Nominal
per Lembar Saham (Rp)
Penawaran Umum Saham Perdana 6-Nov-89 3,428,000 3,428,000 1,000
Pencatatan Saham 16-Jul-90 8,000,000 11,428,000 1,000
Saham Bonus (1:2) 9-Nov-92 22,856,000 34,284,000 1,000
Penawaran Umum dengan
HMETD I
(1:3 @Rp1,000)
12-Jul-96 102,852,000 137,136,000 1,000
Pemecahan Nilai Saham 1-Apr-97 137,136,000 274,272,000 500
Penawaran Umum dengan
HMETD II
(10:55 @Rp500)
14-Jul-97 1,508,496,000 1,782,768,000 500
Penawaran Umum Terbatas 27-Jul-00 89,000,000 1,871,768,000 500
Penawaran Umum dengan
HMETD III
(4:5 @Rp125)
24-Jun-05 2,339,710,000
Saham Kelas B
1,871,768,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp500
2,339,710,000
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp125
Penawaran Umum dengan
HMETD IV
(18:11 @Rp125)
8-Dec-06 2,573,681,000
Saham Kelas B
1,871,768,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp500
4,913,391,000
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp125

Penawaran Umum dengan HMETD IV (18:11 @Rp125)

12-Apr-10   467,942,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp2,000
1,228,347,890
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp500
Penawaran Umum dengan
HMETD V
(9:32 @Rp125)
14-Apr-10 6,031,252,940
Saham Kelas C
467,942,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp2,000
1,228,347,890
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp500
6,031,252,940
Saham Kelas C
Kelas C
@Rp100
Pelaksanaan Waran 14-Dec-10
s.d.
12-Apr-13
2,337,204,493
Saham Kelas C
467,942,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp2,000
1,228,347,890
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp500
8,368,457,433
Saham Kelas C
Kelas C
@Rp100
Penawaran Umum dengan
HMETD VI
(11:5 @Rp110)
12-Jul-18 4,574,885,147
Saham Kelas C
467,942,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp2,000
1,228,347,890
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp500
12,943,342,580
Saham Kelas C
Kelas C
@Rp100
Penawaran Umum dengan
HMETD VII
(51:7 @Rp500)
28-Mar-22 1,042,691,517
Saham Kelas C
467,942,000
Saham Kelas A
Kelas A
@Rp2,000
1,228,347,890
Saham Kelas B
Kelas B
@Rp500
13,986,034,097
Saham Kelas C
Kelas C
@Rp100
Komposisi Pemegang Saham

Per 31 Agustus 2022

Entitas induk terakhir PT Multipolar Tbk adalah PT Inti Anugerah Pratama yang dimiliki oleh Keluarga Riady.

Dividen

Kebijakan Dividen

Laba Bersih Setelah Pajak Presentase Dividen Kas terhadap Laba Bersih Setelah Pajak
Sampai dengan Rp 100 Miliar 10-15%
Lebih dari Rp 100 Miliar 15-25%

Menurut ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku bahwa pembayaran/pembagian dividen disetujui oleh pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) berdasarkan rekomendasi Direksi. Pelaksanaan kebijakan dividen tersebut diatas dilakukan dengan mempertimbangkan posisi keuangan Perseroan dan anak perusahaan Perseroan, dan tanpa mengurangi hak dari RUPS.

Riwayat Pembayaran Dividen

Tanggal Pembayaran Periode
(Tahun Buku)
Tanggal RUPST

Dividen

Jumlah Saham yang Beredar Jumlah Dividen yang Dibayarkan (Rp)
2019 12 Jun 20 14,639,632,470
2020 19 Jul 21 14,639,632,470
2021 23 Mei 22 15,554,751,787

Informasi Keuangan
Ikhtisar Keuangan

Dalam jutaan Rupiah, kecuali dinyatakan lain

Uraian

2021

2020

2019

2018

2017

Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian

Jumlah Aset

14,760,983

15,682,406

15,283,901

17,548,120

20,023,895

Jumlah Liabilitas

10,232,542

11,719,043

9,665,922

10,934,580

12,488,005

Jumlah Ekuitas

4,528,441

3,963,363

5,617,979

6,613,540

7,535,890

Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain Konsolidasian

Penjualan Neto

10,310,153 10,277,387 12,322,341 14,982,244 17,077,396

Laba Bruto

1,854,336 2,027,436 2,437,177 2,810,248 2,208,784

Laba (Rugi) Tahun Berjalan

25,990 (989,536) (1,041,543) (1,620,165) (1,823,532)

Laba (Rugi) Tahun Berjalan yang dapat diatribusikan kepada:

         
  •  Pemilik Entitas Induk

201,258 (793,095) (866,094) (1,221,769) (1,246,872)
  • Kepentingan non-pengendali

(175,268) (196,441) (175,449) (398,396) (576,660)

Jumlah Laba (Rugi) Komprehensif Tahun Berjalan

(149,059) (981,578) (1,010,307) (1,504,573) (1,810,373)

Jumlah Laba (Rugi) Komprehensif Tahun Berjalan yang dapat diatribusikan kepada:

         
  • Pemilik Entitas Induk

11,536

(832,440)

(855,705)

(1,142,555)

(1,224,856)

  • Kepentingan non-pengendali

(160,595)

(149,138)

 (154,602)

(362,018)

(585,517)

Jumlah rata-rata tertimbang saham yang ditempatkan dan disetor (ribuan lembar)

14,639,632

14,639,632

14,639,632

12,352,190

10,064,747

Laba (Rugi) Per Saham Dasar (dalam Rupiah penuh)

14

(54)

(59)

(99)

(124)

Rasio Keuangan

Uraian

2021

2020

2019

2018

2017

Laba (Rugi) terhadap Total Aset (%) 0.2% -6.3% -6.8% -9.4% -9.1%
Laba (Rugi) terhadap Ekuitas (%) 0.6% -25.0% -18.5% -25.9% -24.2%
Laba (Rugi) terhadap Penjualan Neto (%) 0.3% -9.6% -8.5% -10.8% -10.7%
Rasio Lancar (x) 1.1 0.8 1.0 1.2 1.2
Rasio Liabilitas terhadap Ekuitas (x) 2.3 3.0 1.7 1.7 1.7
Rasio Liabilitas terhadap Aset (x) 0.7 0.7 0.6 0.6 0.6

Presentasi
Materi Investor
Presentasi
2021
MPC Update FY21
2020
MPC Update FY20
2019
MPC Update FY19
2018
MPC Update FY18
Prospektus
Prospektus Ringkas PUT VII MLPL

Prospektus Ringkas PUT VII MLPL

Prospektus Ringkas PUT VI MLPL (Informasi Tambahan)

Prospektus Ringkas PUT VI MLPL

RUPS
Urutkan berdasarkan Tahun
Semua
Semua
2022
2021
2020
2019
2018
2017
2016
2015
2022
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Agenda & Tata Tertib RUPST
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Surat Kuasa
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2021
Iklan Pengumuman RUPSLB
Unduh
Iklan Panggilan RUPSLB
Unduh
Surat Kuasa
Unduh
Tata Tertib RUPS
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPSLB
Unduh
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Pemberitahuan Penundaan Penyelenggaraan RUPST
Unduh
Iklan Pengumuman RUPS
Unduh
Iklan Panggilan RUPS
Unduh
Agenda RUPS
Unduh
Surat Kuasa
Unduh
Profil Calon Anggota Dewan Komisaris
Unduh
Profil Calon Anggota Direksi
Unduh
Ralat Panggilan RUPS
Unduh
Tata Tertib RUPS
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPSLB
Unduh

2020
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Agenda & Tata Tertib RUPST
Unduh
Surat Kuasa
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Profil Calon Anggota Direksi
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2019
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Profil Calon Anggota Direksi
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2018
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Ralat Panggilan RUPST
Unduh
Profil Calon Anggota Dewan Komisaris
Unduh
Profil Calon Anggota Direksi
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPSLB III
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPSLB III
Unduh

2017
Iklan Panggilan RUPSLB II
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPSLB II
Unduh
Iklan Pengumuman RUPSLB
Unduh
Iklan Panggilan RUPSLB
Unduh
Penjelasan Agenda RUPSLB
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPSLB
Unduh
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2016
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Penjelasan Agenda RUPST
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh

2015
Iklan Pengumuman RUPST
Unduh
Iklan Panggilan RUPST
Unduh
Iklan Ringkasan Risalah RUPST
Unduh
Profil Calon Anggota Direksi
Unduh

Kebijakan CSR
Kebijakan Perusahaan Terkait Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Dalam menjalankan usahanya, Perseroan secara berkesinambungan terus memperhatikan dampak sosial dan lingkungan hidup sebagai bentuk komitmen terhadap pertumbuhan yang berdampak, bisa dirasakan dan bermanfaat bagi semua pihak.

Secara teratur, Perseroan menyelenggarakan sejumlah kegiatan terkait keselamatan kerja, kesehatan, pendidikan, lingkungan, hingga pengembangan perekonomian dalam rangka Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Pelaksanaan kegiatan CSR dilakukan Perseroan dengan berkolaborasi bersama anak-anak perusahaannya maupun dengan berbagai organisasi nirlaba.

Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan

Perseroan berupaya untuk mengurangi dampak operasional Perseroan terhadap lingkungan hidup serta menjaga kelestarian lingkungan. Bersama dengan unit-unit usahanya, Perseroan mengadopsi berbagai inisiatif yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, diantaranya upaya penghematan pemakaian energi dan sumber daya. Mematikan segala perlengkapan dan peralatan elektronik termasuk lampu, dan komputer setiap kali meninggalkan ruangan usai jam kerja serta mengurangi pemakaian kertas merupakan penerapan budaya hemat energi dan membantu melindungi hutan. Perseroan senantiasa mendorong hal ini untuk terus dilakukan oleh seluruh karyawan Perseroan.

Tanggung Jawab Terhadap Karyawan

Perseroan percaya bahwa aspek Ketenagakerjaan serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, Perseroan dan setiap anak usahanya menciptakan iklim kerja yang positif melalui praktik kebijakan manajemen kesehatan dan keselamatan yang telah distandarisasi sesuai jenis usaha dan peraturan yang ada. Setiap tahun Perseroan bekerja sama dengan rumah sakit Siloam Lippo Karawaci memberikan bantuan keringanan biaya vaksin dan pemeriksaan darah gratis kepada para karyawan.

Per triwulan Perseroan juga rutin mengadakan acara gathering karyawan sebagai wadah untuk para karyawan saling bertukar informasi, berinteraksi, saling mengenal dan menumbuhkan rasa kebersamaan satu dengan yang lainnya. Acara Halal Bihalal dan Natal bersama juga diadakan setiap tahun oleh Perseroan bersama para karyawan dan anak perusahaan sebagai salah satu cara Perseroan untuk menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati kemajemukan dan keberagaman para karyawannya.

Perseroan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti serangkaian pelatihan. Pelatihan ini dipersiapkan baik secara internal maupun eksternal, bekerjasama dengan penyedia pelatihan lokal dan asing, melalui berbagai lokakarya, seminar, dan pelatihan yang dipimpin oleh instruktur dan pelatih kerja profesional.

Tanggung Jawab Terhadap Konsumen

Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap konsumen, Perseroan melalui anak usahanya berkomitmen untuk memberikan layanan dengan standar kualitas tertinggi dan terus melakukan perbaikan yang berkesinambungan. Perseroan bersama dengan anak-anak perusahaan terus berinovasi untuk meningkatkan prosedur dan mekanisme keluhan pelanggan sehingga setiap keluhan dari pelanggan akan ditangani dengan baik dan sistematis. Perseroan dan masing-masing anak perusahaan memiliki kebijakan dan mekanisme tersendiri untuk menangani keluhan pelanggan. Selain itu, Perseroan juga mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang memastikan kualitas produk dan layanan tetap terjaga secara prima demi meningkatkan nilai yang ditawarkan kepada konsumen.

Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat

Perseroan menyadari bahwa keberlangsungan usahanya tidak lepas dari peran serta dan kontribusi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, Perseroan bersama anak perusahaan berkomitmen untuk turut pula memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan masyarakat yang sejahtera dan sehat melalui beberapa program yang melibatkan dan memberdayakan masyarakat, terutama di sekitar lokasi usaha. Perseroan senantiasa mendorong para karyawan untuk secara sukarela berperan aktif dalam berpartisipasi atau menginisiasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan kesehatan, pendidikan, dan sosial.