Portfolio Perusahaan

PT Matahari Putra Prima Tbk
Didirikan pada tahun 1986, PT Matahari Putra Prima Tbk (“MPPA”) sukses menjadi peritel modern terkemuka di Indonesia. Divestasi aset non-inti di akhir 2012 lalu mempersiapkan MPPA untuk lebih memfokuskan pada bisnis ritel modern FMCG intinya agar dapat menangkap dan melayani potensi pasar konsumen yang besar. Saat ini, MPPA telah menjadi sebuah tujuan berbelanja dan sukses mengoperasikan lebih dari 200 gerai di berbagai penjuru Indonesia didukung oleh jaringan distribusinya yang kuat.
Strategi MPPA berlanjut untuk menjadi operator FMCG multi-format. Di 2015, berbagai lokasi Hypermart yang strategis direnovasi menjadi konsep baru, termasuk juga gerai-gerai baru yang dibangun mengikuti konsep baru ini. MPPA juga meluncurkan Primo supermarket premium, konsep FMX convenience store baru serta Boston Health & Beauty yang ditingkatkan.
MPPA membuat langkah besar dalam penentuan positioning jangka panjangnya dengan perubahan yang paling kritis pada implementasi dan pergantian teknik pengukuran nilai persediaan ke berbasis biaya di kuartal ke-3 tahun 2016. Pencapaian ini diposisikan untuk mengatasi rintangan terakhir yang berdampak pada perbandingan penjualan, yaitu faktor harga, dimana hal tersebut dilakukan pada tahun 2017 melalui peluncuran strategi harga. Hal ini juga menempatkan MPPA pada posisi yang lebih baik dalam pengawasan profitabilitas dari berbagai macam produknya sehingga memungkinan manajemen/pengawasan marjin jangka panjang di tingkat SKU, dan di saat yang sama mengatasi hal yang terkait dengan harga.
Di tengah kondisi pasar 2018 yang penuh tantangan berkelanjutan dan tingkat persaingan yang semakin tinggi, MPPA mengarahkan strategi bisnis ritelnya. MPPA menegaskan fokus utamanya kepada konsumen ritel melalui format Hypermart dan Foodmart, dan mengurangi eksposur atas bisnis B2B yang luas namun tidak menguntungkan. Fokus inti atas strategi tersebut didukung oleh harga-harga kompetitif pada ragam barang kebutuhan sehari-hari, serta MPPA meneruskan upaya efisiensi biaya dalam hal pengeluaran-pengeluaran keseluruhan, manajemen persediaan dan format gerai yang semakin efisien.
Fokus MPPA kepada ritel konsumen berkelanjutan di tahun 2019. Selain peluncuran kembali gerai Hypermart, Primo dan Foodmart yang telah disesuaikan dengan kondisi pasar & kebutuhan konsumen, MPPA semakin memperkuat peran ritelnya dengan peluncuran Hyfresh, sebuah konsep supermarket berbasis komunitas, dengan ragam produk kebutuhan harian rumah tangga serta didukung dengan harga penawaran yang kompetitif di pasar.
Di tengah situasi Covid-19 pada tahun 2020, pengembangan bisnis online yang bersifat Offline to Online (O2O) semakin diperkuat pada platform e-commerce Hypermart Online. Pada akhir kuartal pertama 2020, MPPA juga meluncurkan Chat & Shop by whatsapp yang dilengkapi dengan fitur Park & Pickup dan BELLA (Single National Whatsapp Number). Pada semester kedua 2020, MPPA juga berkolaborasi dengan beberapa operator marketplace terkemuka seperti GrabMart, Shopee dan Tokopedia untuk semakin memperkuat strategi bisnis online-nya. Hal Ini juga didukung dengan semakin berkembangnya penggunaaan metode pembayaran digital seperti OVO, ShopeePay dan sistem nasional QRIS yang bisa diakses dari aplikasi perbankan digital dan sistem pembayaran digital lainnya.










Venturra adalah perusahaan modal ventura yang berfokus di Asia Tenggara yang berinvestasi di bisnis tahap awal dengan pertumbuhan tinggi. Fokus investasi utama perusahaan kami adalah di perusahaan internet yang siap untuk berkembang secara internasional, di sektor-sektor termasuk e-commerce, teknologi keuangan, pasar, perawatan kesehatan dan pendidikan.
Kami percaya dalam memberdayakan wirausahawan luar biasa dalam menciptakan perusahaan teknologi yang menentukan berikutnya di seluruh Asia. Kami mendukung para pendiri yang memiliki impian untuk membentuk kembali pasar dengan model bisnis baru yang mengganggu yang mengubah industri.
Dengan pengalaman kami sendiri dalam membangun perusahaan, pengetahuan kami dalam penskalaan, dan koneksi kami untuk mewujudkan kesuksesan: kami berusaha untuk menjadi mitra pilihan bagi wirausahawan dengan ambisi terbesar. Kami ingin menciptakan keunggulan bagi perusahaan tempat kami bekerja, sehingga kami mencapai dampak jangka panjang dengan kemitraan kami.




PT Multipolar Technology Tbk
PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) adalah mitra terpercaya dalam perencanaan, perancangan, dan pengembangan teknologi digital inovatif dan transformasi bisnis dengan pengalaman sejak tahun 1975. Multipolar Technology memiliki kompetensi dan pengalaman yang mumpuni di area Hybrid Infrastructure Platforms & Services, Hybrid Integration Platforms & Services, Business Solution Platforms & Services, Digital Insights, Customer Experience Platforms & Services, Strategy & Planning, serta Security Platforms & Services, termasuk layanan dari anak usaha – IT Managed Services melalui PT Visionet Data Internasional (VDI) dan layanan pengoperasian dan pengelolaan data center melalui PT Graha Teknologi Nusantara (GTN). Sejak 8 Juli 2013 PT Multipolar Technology Tbk telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (kode saham MLPT), dan merupakan mitra terpercaya dari perusahaan teknologi global seperti Cisco, Dell, F5, Google, HPE, IBM, Lenovo, Microsoft, NCR, Nutanix, Oracle, dan VMware, dan telah bersertifikasi ISO. Informasi lebih lanjut kunjungi www.multipolar.com dan ikuti media sosial kami: Twitter @MultipolarTech, Instagram @multipolartechnology, LinkedIn dan Facebook PT Multipolar Technology Tbk, YouTube Multipolar Technology, Spotify TechLign Podcast.








Matahari Department Store
PT Matahari Department Store Tbk (“Matahari”) memiliki sejarah yang panjang dalam dunia ritel Indonesia. Memulai perjalanan pada tanggal 24 Oktober 1958 dengan membuka gerai pertamanya berupa toko fashion anak-anak di daerah Pasar Baru Jakarta, Matahari melangkah maju dengan membuka department store modern pertama di Indonesia pada tahun 1972. Sejak itu Matahari telah menjadikan dirinya sebagai merek asli nasional. Sampai saat ini, Matahari mengoperasikan 142 gerai yang tersebar di 77 kota di seluruh Indonesia, dengan luas ruang hampir satu juta meter persegi dan telah mengembangkan kehadirannya dalam dunia online melalui MATAHARI.COM.










Ringan adalah terobosan dalam bidang pelayanan finansial yang mengemban misi untuk menyediakan kemudahan akses finansial di Indonesia dan membuat hidup lebih mudah. Didorong oleh filosofi unik perusahaan “Jalani Hidup Dengan Ringan” kami percaya bahwa mengambil pinjaman harus meningkatkan kualitas hidup pengguna, tanpa membebani mereka.
Sebagai bagian dari Lufax Holdings, anak perusahaan dari Ping An Insurance (Group) Company of China, Ltd., kami hadir untuk mengubah uang menjadi media yang dapat diakses dan sesuai dengan kebutuhan semua orang. Kami melakukannya melalui pinjaman tanpa jaminan untuk semua orang, dengan analisa kami yang memberi hasil yang akurat terkait kelayakan pinjaman konsumen. Selain itu, kami memiliki bunga yang bersaing, tenor yang fleksibel dan jumlah pinjaman yang cukup besar.
Pada tanggal 2 Agustus 2021, kami telah memperoleh perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka menjalankan kegiatan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (atau dikenal dengan peer-to-peer fintech lending). Ringan merupakan bagian dan anggota aktif dari Asosisasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).



Luno adalah platform aset kripto yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, Afrika Selatan, dan pasar negara berkembang lainnya. Didirikan pada tahun 2013, Luno mulai memberdayakan miliaran orang di seluruh dunia dengan meningkatkan mereka ke sistem keuangan yang lebih terbuka, efisien, dan inklusif. Luno mengoperasikan platform yang membuat aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum mudah diakses oleh semua orang. Luno memperoleh sertifikat pendaftaran resmi dari Bappebti (regulator kripto Indonesia) pada tahun 2020





PT Bank Nationalnobu Tbk
PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) adalah Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang menghadirkan produk dan layanan perbankan yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seiring perkembangan era perbankan digital yang begitu pesat, Nobu Bank berupaya untuk berdiri sejajar dengan pelaku perbankan digital lainnya dengan menghadirkan layanan digital yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini yang membutuhkan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi di manapun berada. Melalui mobile banking, internet banking, server based-money, ATM, virtual debit, virtual account dan berbagai layanan lainnya, Nobu Bank ingin memberikan nilai tambah bagi Nasabah dalam kemudahan bertransaksi perbankan, kapanpun dan di manapun. Kini Nobu Bank telah hadir di 117 lokasi di 55 kota di 29 propinsi di seluruh Indonesia.





PT Ciptadana Capital
Didirikan oleh Irene Maya Hambali dan Catherine Gina Hambali dan mulai beroperasi pada tahun 1990, Ciptadana telah berkarya lebih dari 25 tahun dalam membantu nasabah kami dalam membangun bisnis mereka, melindungi aset mereka dan meningkatkan kekayaan mereka.
Melalui anak-anak perusahaannya, Ciptadana menyediakan berbagai layanan dan produk keuangan yang luas, inovatif, dan ter-personalisasi, yang mencakup pialang sekuritas, manajer investasi, investment banking, dan multifinance.



B-Universe adalah layanan media yang terintegrasi penuh, menyajikan konten-konten berkualitas yang saling bersinergi, terdepan, relevan dan menghibur. Seiring regenerasi dari konsumen media pada umumnya, B-Universe berkomitmen untuk menjadikan fitur interaksi sebagai bagian penting dari konten yang disajikan, menjalin hubungan dua arah dengan konsumen melalui teknologi digital dan media sosial.



PT Multi Prima Sejahtera Tbk (MPS) didirikan pertama kali dengan nama PT Lippo Champion Glory pada tahun 1982, kemudian pada tahun 2001, MPS mengalami beberapa perubahan diantaranya perubahan nama menjadi PT Multi Prima Sejahtera Tbk.
Kegiatan utama MPS memproduksi dan mendistribusi, dan menjual “busi” dengan merek dagang “Champion”, lisensi yang berasal dari Federal Mogul Ignition LLC. Amerika Serikat. Berdasarkan Anggaran Dasar Perseroan Ruang lingkup kegiatan Perusahaan meliputi :
- Kegiatan industri busi dan suku cadang aksesori kendaraan bermotor.
- Melakukan kegiatan perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya.
- Melakukan kegiatan pertanian tanaman dan pengembangbiakan tanaman.
- Melakukan kegiatan aktivitas professional, ilmiah, dan teknis lainnya.
- Melakukan kegiatan aktivitas perusahaan holding.




PT Gratia Prima Indonesia
Books & Beyond dikelola oleh PT Gratia Prima Indonesia, anak perusahaan PT Multipolar Group, Tbk, multi format ritel lokal di Indonesia dan anak perusahaan Grup Lippo. Saat ini terdapat 21 toko offline di seluruh Indonesia, di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Medan, Palembang, Balikpapan, Bali, dan Makasar serta 7 toko online (Website booksbeyond.co.id, Tokopedia, shopee, blibli, Lazada, bukalapak, dan JD.ID) yang menawarkan buku, mainan & permainan edukatif, barang mewah dan hadiah, gadget, dan produk gaya hidup untuk memenuhi beragam kebutuhan.
Salah satu misi Books&Beyond adalah mengembangkan kecintaan yang lebih besar terhadap buku melalui kegiatan komunitas yang berpusat pada membaca dan menulis serta meningkatkan kecintaan membaca dan dengan demikian tingkat pendidikan di segala penjuru Indonesia dapat meningkat.



PT Brilliant Ecommerce Berjaya
Mbiz merupakan platform solusi e-procurement berbasis web yang yang dapat digunakan perusahaan/ organisasi untuk mengelola ketersediaan dan manajemen vendor dengan lebih baik, mengendalikan transaksi dan sumber barang/jasa, dan memastikan manajemen pengeluaran yang efektif untuk berbagai produk dan jasa.
Mbiz membantu perusahaan besar-menengah di Indonesia, dan berbagi praktik terbaik dalam transformasi pengadaan digital, untuk membantu mitra bisnis dalam mencapai; efisiensi, transparansi, penghematan biaya, dan peningkatan proses pengadaan secara keseluruhan.
Mbiz mengelola dua platform yaitu www.mbiz.co.id dan www.mbizmarket.co.id yang telah diperkuat dengan berbagai fitur dalam solusi pengadaan seperti kontrol anggaran, proses persetujuan, pelacakan order dan pemenuhan barang/jasa, pembayaran serta laporan pembelanjaan dan analisisnya, semua dalam satu platform.





Maxx Coffee adalah sebuah brand kopi, pengalaman, dan gaya hidup; berfokus untuk meciptakan pengalaman, hubungan, ikatan, gaya hidup, dan komunitas.
Semangat Maxx Coffee adalah untuk memenuhi persahabatan dengan customer kami, dengan menghadirkan pengalaman minum kopi yang berkesan, menarik, dan bermanfaat melalui human connection, daya tarik sensorik, dan lingkungan yang hangat & ramah yang membuat customer merasa bahwa mereka benar-benar 'tamu di rumah kami' di Maxx Coffee.



PT Matahari Graha Fantasi
PT Matahari Graha Fantasi (Timezone Indonesia) adalah perusahaan joint-venture antara TEEG (The Entertainment & Education Group) dan PT Nadya Prima Indonesia.
Brand portofolio TEEG (Timezone, Play ‘N’ Learn, Zone Bowling dan KingPin) adalah yang terdepan dalam industri hiburan keluarga dan didesain untuk selalu menciptakan pengalaman seru dan relevan di dunia retail yang bergerak cepat. Semua brand terus berevolusi bersama dengan perubahan perilaku konsumen dan fokus untuk pengalaman pelanggan.
Brand utama TEEG, Timezone, berasal dari Australia dan saat ini hadir di 7 negara (Australia,India, Indonesia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, dan Vietnam).
Bermula di 1995, Timezone Indonesia sudah menyebarkan kebahagiaan di seluruh Indonesia dan menjadi brand hiburan keluarga yang dicintai. Kami beroperasi dengan brand Timezone dan Play ‘N’ Learn di Indonesia.







PT First Media Tbk
Since 2007, First Media has changed its name from Kabelvision into First Media. First Media has define itself as integrated telecommunication and multimedia services pioneer in Indonesia with its Triple Play concept, which is pay television service, high speed broadband wireless internet access and data communication service over digital telecommunication network.
First Media’s long journey in the ICT business has led to a strategic policy direction that places First Media as the holding company that runs the Technology, Media and Telecommunications (TMT) business in Indonesia. All of First Media’s policies and business strategies are oriented to become a leading TMT business company, and able to support the Government’s plan to achieve the target of people’s lives with the power of digital technology that contributes to the progress of the nation and national economic development.
Currently First Media has operated various business models such as internet service network providers, pay television service providers, content provision, as well as with subsidiaries engaged in telecommunications infrastructure development, and in 2019 the Company has acquired several companies engaged in the business of media (print and online). The purpose of the acquisition is to increase the business portfolio, so that the Company can advance business value, strengthen its financial position, and increase the Company’s value for shareholders and stakeholders.





Visionet Data Internasional
Sebelumnya dikenal dengan PT Visionet Internasional ketika didirikan pada tahun 2004, PT Visionet Data Internasional (VDI) menyediakan Total Business Process Managed Services.
Prosedur bisnis yang dijalankan VDI memiliki sertifikasi sebagai berikut:
- Certificate of ISO 9001:2015 – Quality Management System for Electronic Draft Capture (EDC) Operation; Maintenance Services Desktop, Server, Network (DNS) Operation; Maintenance Services Information Technology (IT) Operations; and Contact Center Services.
- Certificate of ISO 20000-1:2018 – Service Management System of PT Visionet Data Internasional to provision Data Center Operation, Infrastructure and Application managed Service support to external customers.
Certificate of ISO 27001:2013 – Information Security Management System (ISMS) for Data Center Management; System Server Managed Services; and Network Managed Services.


