Tentang MPC

Empowering The Next Generation of Industry-Defining Businesses

Cornerstone Investor for Growth

MPC memiliki ambisi untuk menjadi perusahaan investasi berbagai tahapan yang terdepan dengan mimpi untuk mendukung usaha-usaha yang inovatif.

Dengan pengalaman kami dalam membangun, memajukan, dan berinvestasi dalam perusahaan yang memiliki pertumbuhan tinggi, kami bertujuan untuk memberikan dukungan strategis dan arahan untuk para pengusaha untuk menghasilkan dampak yang besar dan bertahan lama, yang nantinya akan mendefinisikan industri di masa depan.

MPC (PT Multipolar Tbk) adalah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX: MLPL).

Pendanaan
Tahapan Awal
Pendanaan Tahap Perkembangan
& Lanjutan
Mitra Pilihan untuk
Perusahaan Teknologi Global
Transformasi Digital
dari Perusahaan Portofolio
Orang-orang MPC

Manajemen MPC

Adrian Suherman

Presiden Direktur
Adrian Suherman
Presiden Direktur

Adrian Suherman diangkat sebagai Presiden Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2019. Penunjukan ini dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 68, tanggal 12 Juni 2020, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Beliau mengawali karirnya pada tahun 1995, memimpin pengembangan produk, strategi, dan operasi untuk perusahaan-perusahaan perangkat lunak global termasuk Oracle dan Sun Microsystems di Silicon Valley. Setelah bertugas di Amerika Serikat, beliau kembali ke Indonesia sebagai manajer untuk firma konsultan manajemen top-tier A.T. Kearney (2007-2010) dan berhasil mendirikan perusahaan startup Dealkeren (akhirnya dijual ke Livingsocial), perusahaan e-commerce yang paling cepat berkembang dan paling signifikan di Indonesia (2010-2012). Beliau kemudian bergabung kembali dengan dunia korporat melalui Telkomsel sebagai Wakil Presiden (2012-2014) dan membuka jalan bagi Telkomsel untuk menjadi pemain penting dalam periklanan mobile Indonesia. Sebagai seorang wirausahawan, beliau mendirikan startup lain yang sukses, aCommerce (2014-2015), sebelum menerima jabatan sebagai CEO di OVO (PT Visionet Internasional) (2016-2019). Selain di Perseroan, saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak 2019), Presiden Komisaris di PT Multipolar Technology Tbk (sejak 2019), dan Komisaris di PT Matahari Department Store Tbk (sejak 2020).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 48 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar MBA dalam Strategi dan Operasional Korporasi dari European Institute for Business Administration (INSEAD) pada 2006. Beliau juga meraih gelar Master of Science di bidang Teknik Elektro dari Stanford University, Amerika Serikat (1997), dan gelar Bachelor of Science di bidang Computer Engineering dari University of Arizona, Amerika Serikat (1995).

Rudy Ramawy

Wakil Presiden Direktur
Rudy Ramawy
Wakil Presiden Direktur

Rudy Rawawy diangkat sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2019. Pengangkatannya dituangkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 68, tanggal 12 Juni 2020, dibuat di hadapan Notaris Sriwi Bawana Nawaksari, S.H. M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

Beliau memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di berbagai industri, seperti Procter & Gamble (1994), Sony Music (1997-1999, 2002-2005), Warner (1999-2002), RCTI/MNC Group (2008-2011). Jabatan yang terutama adalah ketika beliau menjadi Country Director di Google Indonesia dari 2012 hingga 2015, dimana beliau membuka jalan agar kehadiran Google di masyarakat semakin kuat sehingga pertumbuhan Google semakin pesat di Indonesia. Beliau memimpin kegiatan operasional Google, serta meluncurkan YouTube Indonesia dan Google Maps Street View. Beliau juga merupakan Pendiri dan Managing Partner dari Venturra Capital, perusahaan yang beliau dirikan pada 2015 yang berinvestasi dalam teknologi tahap awal/pertumbuhan di seluruh wilayah. Posisi lain yang juga dijabat beliau termasuk Komisaris di Ruangguru (sejak 2015), Sociolla (sejak 2015), dan OVO (sejak 2016). Di luar aktivitas sehari-harinya, beliau berperan aktif sebagai sukarelawan dan mentor dalam pengembangan masyarakat. Beliau juga menjabat sebagai Komisaris PT Matahari Department Store Tbk (2018-2020). Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Komisaris di PT Matahari Putra Prima Tbk (sejak 2018).

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 50 tahun per 31 Desember 2021. Beliau meraih gelar sarjana Teknik Kimia dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat.

Fendi Santoso

Chief Financial Officer
Fendi Santoso
Chief Financial Officer

Beliau memiliki pengalaman selama 19 tahun dalam bidang private equity dan korporasi. Sebelum di Perseroan, beliau menjabat sebagai CFO di PT Matahari Putra Prima Tbk. Beliau juga menghabiskan 4 tahun di The Abraaj Group sebagai Direktur Grup yang membawahi beragam investasi di Asia Tenggara dan 5 tahun di Northstar Group – perusahaan private equity yang berfokus pada negara-negara di Asia Tenggara, dimana beliau terlibat dalam beberapa transaksi di sektor-sektor yang beragam, termasuk beberapa jasa keuangan dan bisnis-bisnis yang terlibat langsung dengan konsumen. Sebelumnya, beliau pernah menduduki beberapa posisi di Jardine Group, termasuk Astra International, Jardine Motors Group, Jardine Matheson, dan Federal International Finance.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 42 tahun pada 31 Desember 2021.

Jerry Goei

Chief Operating Officer
Jerry Goei
Chief Operating Officer

Sebelum bergabung dengan Perseroan sebagai COO pada tahun 2020, Jerry Goei menjabat sebagai Presiden Direktur dari Dwi Satrya Utama (DSU) Group sejak Desember 2015. Sebelum bergabung di DSU, beliau bekerja empat tahun di Northstar Group yang merupakan salah satu Private Equity terkemuka di Indonesia hingga akhir 2015, dengan posisi terakhir sebagai Managing Director dan Head of Operation dari portofolio perusahaan-perusahaan Northstar. Sebelum bergabung dengan Northstar, beliau telah memegang posisi senior di berbagai perusahaan, antara lain sebagai Country Director dari AkzoNobel Group di Indonesia, dan sehari-harinya merangkap sebagai President Director dan CEO dari PT ICI Paints Indonesia (Dulux) yang merupakan salah satu anak perusahaan terbesar AkzoNobel di Indonesia. Beliau telah bergabung selama 12 tahun di ICI/Akzonobel. Beliau juga sebelumnya pernah bekerja di Accenture, American Standard dan Sampoerna.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 52 tahun per 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar sarjana (BSc) di bidang Computer Science dari University of Texas, USA di tahun 1991 dan MBA dari Baylor University di Texas, USA di tahun 1992. Setelah itu Beliau mengikuti program Executive Development di IMD (Swiss) di tahun 2007 dan INSEAD (Perancis) di tahun 2011.

Agus Arismunandar

Chief Business Development & Investor Relations Officer
Agus Arismunandar
Chief Business Development & Investor Relations Officer

Beliau mengawali karirnya di Lippo Group pada 2006 ketika bergabung dengan PT Matahari Department Store Tbk, dengan Head of Marketing & Promotion sebagai jabatan terakhirnya. Pada 2013 beliau bergabung dengan Perseroan sebagai Head of Investor Relations, lalu sejak 2019 beliau menjabat sebagai anggota Direksi dan menempati beberapa posisi di anak-anak usaha Perseroan.Beliau mengawali karirnya di Lippo Group pada 2006 ketika bergabung dengan PT Matahari Department Store Tbk, dengan Head of Marketing & Promotion sebagai jabatan terakhirnya. Pada 2013, beliau bergabung dengan Perseroan sebagai Head of Investor Relations, lalu sejak 2019 beliau menjabat sebagai anggota Direksi dan menempati beberapa posisi di anak-anak usaha Perseroan.

Beliau adalah warga negara Indonesia, berusia 56 tahun pada 31 Desember 2021. Beliau memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Electrical Engineering pada tahun 1988 dari California State University di Long Beach, Amerika Serikat dan gelar Master of Business Administration di bidang Marketing dan IT pada tahun 1991 dari University of California di Davis, Amerika Serikat.

Lina Latif

Chief Legal Officer & Corporate Services
Lina Latif
Chief Legal Officer & Corporate Services

Lina Latif memulai karir di Kantor Akuntan Publik Prasetio, Utomo Co. dengan jabatan terakhir sebagai Senior Auditor (1979-1984), kemudian bergabung dengan Lippo Group pada tahun 1985. Jabatan terakhir beliau adalah sebagai Direktur di PT Matahari Putra Prima Tbk (2001-2018) dan Direktur Perseroan (2013-2018).

Beliau adalah warga negara Indonesia dan per tanggal 31 Desember 2021 berusia 65 tahun. Beliau memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Trisakti pada tahun 1980 dan gelar Magister Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2014.

Tati Hartawan

Chief Human Resources Officer
Tati Hartawan
Chief Human Resources Officer

Tati Hartawan mengawali karirnya di Citibank Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Global Consumer Business Human Resources Head, Senior Vice President (1989 – 2013). Kemudian beliau menjabat sebagai Human Capital Director di Bank Mega (2013 – 2016), sebelum bergabung dengan Lippo Group sebagai Senior HR Executive (2016 – saat ini).

Beliau merupakan warga negara Indonesia dan per 31 Desember 2021, beliau berusia 55 tahun. Beliau memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Science) Akuntansi dari San Fransisco State University, Amerika Serikat (1988).

Raditya Pramana

Head of Digital & Partner at Venturra
Raditya Pramana
Head of Digital & Partner at Venturra

Raditya has years of experience in investing and advising technology ventures in Southeast Asia. He is a Partner at Venturra, an early-stage Venture Capital firm that focuses on investing in early-stage high growth startups in Southeast Asia. He started his career as an investment professional at IMJ Investment Partners and was responsible for the Japanese fund’s investment activities in Indonesia.

Raditya was awarded with Forbes Indonesia 30 Under 30 in 2020 and chosen as one of the Young Leaders for Indonesia by McKinsey & Company. Raditya is an Indonesian citizen. He holds an Information Systems Degree from Binus International University.

Sejarah MPC
Lintas Sejarah

Berdiri sejak 1975, perusahaan ini awalnya bergerak dibidang Ritel Elektronik. Saat ini, MPC telah berkembang menjadi perusahaan investasi strategis dengan cakupan bisnis meliputi segmen Ritel, Telekomunikasi, Multimedia dan Teknologi (TMT), serta Bisnis dan Investasi Lainnya.

MPC telah memperluas jangkauan bisnisnya ke berbagai wilayah di Indonesia, memperkuat daya saingnya dengan cakupan pasar terluas di tanah air.

1975
Multipolar (MLPL) secara resmi berdiri sebagai perusahaan Ritel Elektronik

1982
MLPL memelopori komputerisasi industri perbankan dan keuangan

1986
IBM menunjuk MLPL sebagai mitra bisnis pertamanya di Indonesia

1989
MLPL menjadi perusahaan IT pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (sebelumnya Bursa Efek Jakarta)

1996
Penawaran Saham Umum Terbatas I

1997
Penawaran Saham Umum Terbatas II

2005
Penawaran Saham Umum Terbatas III

2006
Penawaran Saham Umum Terbatas IV

2010
Penawaran Saham Umum Terbatas V
Penggabungan Nilai Nominal Saham

2012
PT Matahari Pacific (MP) dan PT Nadya Putra Investama (NPI) mengakuisisi sebagian besar aset MPPA

2013

  • Penerbitan Exchangeable Rights kepada Temasek Holdings Pte. Ltd. yang dapat ditukarkan dengan saham di MPPA
  • Kepemilikan saham di PT Matahari Department Store Tbk (MDS) sebesar 20,48%
  • Penawaran Saham Perdana PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) yang tercatat di BEI
  • Penerbitan Obligasi US$200.000.000 dengan peringkat B+ dari Fitch dan S&P

2014
Pelunasan Obligasi tambahan Senilai US$30.000.000 dengan peringkat B+ dari Fitch dan S&P

2016

  • Perubahan Kepemilikan tidak langsung menjadi sebesar 19,58% di PT Bank Nationalnobu Tbk
  • Perubahan Kepemilikan tidak langsung menjadi sebesar 17,48% di MDS

2017
Pelunasan Obligasi senilai US$230.000.000 dengan Fasilitas Pinjaman dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebesar US$250.000.000

2018
Penawaran Saham Umum Terbatas VI

Milestones
1975
1986
1996
2005
2010
2013
2014
2017
1975
1986
1996
2005
2010
2013
2014
2017