Untuk memperkuat tata kelola perusahaan dan pengendalian internal dalam lingkungan kerjanya, Perseroan menyusun Sistem Pengendalian Internal yang menggabungkan fungsi-fungsi Unit Audit Internal dan Manajemen Risiko. Sistem ini dijabarkan di dalam pedoman Prosedur Operasional Standar (SOP) untuk memastikan efektivitas dan efisiensi kegiatan bisnis, keandalan laporan keuangan, keamanan aset, serta kepatuhan terhadap hukum dan peraturan. Sistem Pengendalian Internal berperan penting dalam mencegah dan mendeteksi penggelapan (fraud) dan melindungi sumber daya Perseroan baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Perseroan menerapkan sistem terpadu ini pada setiap tindakan dan kegiatan yang mencakup seluruh komponen bisnis, yang semuanya mendukung tujuan dan sasaran Perseroan.

Perseroan merumuskan SOP-nya berdasarkan pada model Committee of Sponsoring Organizations dari Treadway Commission (COSO) untuk mengevaluasi pengendalian internal. Unit Audit Internal secara berkala mengevaluasi SOP ini untuk memastikan efektivitas dan kepatuhannya terhadap lingkungan dan kondisi bisnis yang terus berubah.

Pelaksanaan dan Penilaian atas Sistem Pengendalian Internal Tahun 2021

Pengendalian Internal merupakan proses yang dirancang dan dijalankan oleh Dewan Komisaris, Direksi, dan anggota manajemen lainnya. Direksi memastikan bahwa fungsi pengendalian internal dan manajemen risiko telah tersedia dan diterapkan pada semua aspek dan lini perusahaan. Untuk menilai rancangan serta efektivitas pelaksanaan Pengendalian Internal, Direksi didukung oleh Unit Audit Internal, yang dalam implementasinya selalu berkoordinasi dengan Komite Audit, untuk memastikan penerapan Sistem Pengendalian Internal telah sesuai dengan tujuan dan sasaran Perseroan.

Selama tahun buku 2021, Unit Audit Internal melaksanakan Audit yang telah direncanakan (Audit Planned) dan Audit berdasarkan permintaan (Audit by Special Request), baik pada Perseroan maupun pada entitas anak Perseroan. Dalam setahun, Unit Audit Internal paling sedikit melakukan dua kali audit, baik audit secara operasional dan compliance, maupun by special request.

Dewan Komisaris dan Direksi menilai bahwa Sistem Pengendalian Internal yang sudah berjalan saat ini telah memenuhi standar untuk memastikan tingkat efektivitas, efisiensi, keandalan, keamanan, dan kepatuhan terhadap peraturan. Dalam menghadapi berbagai perubahan yang terjadi secara internal dan eksternal, Perseroan siap melakukan perbaikan-perbaikan guna memastikan tersedianya Sistem Pengendalian Internal yang sesuai dengan perkembangan bisnis perusahaan.