PT Matahari Putra Prima Tbk

Didirikan pada tahun 1986, PT Matahari Putra Prima Tbk (“MPPA”) sukses menjadi peritel modern terkemuka di Indonesia. Divestasi aset non-inti di akhir 2012 lalu mempersiapkan MPPA untuk lebih memfokuskan pada bisnis ritel modern FMCG intinya agar dapat menangkap dan melayani potensi pasar konsumen yang besar. Saat ini, MPPA telah menjadi sebuah tujuan berbelanja dan mengoperasikan 181 gerai di berbagai penjuru Indonesia didukung oleh jaringan distribusinya yang kuat.

Strategi MPPA berlanjut untuk menjadi operator FMCG multi-format. Di 2015, berbagai lokasi Hypermart yang strategis direnovasi menjadi konsep baru, termasuk juga gerai-gerai baru yang dibangun mengikuti konsep baru ini. MPPA juga meluncurkan Primo supermarket premium, konsep FMX convenience store serta Boston Health & Beauty yang ditingkatkan.

MPPA membuat langkah besar dalam penentuan positioning jangka panjangnya dengan perubahan yang paling kritis pada implementasi dan pergantian teknik pengukuran nilai persediaan ke berbasis biaya di kuartal ke-3 tahun 2016. Pencapaian ini diposisikan untuk mengatasi rintangan terakhir yang berdampak pada perbandingan penjualan, yaitu faktor harga, dimana hal tersebut dilakukan pada tahun 2017 melalui peluncuran strategi harga. Hal ini juga menempatkan MPPA pada posisi yang lebih baik dalam pengawasan profitabilitas dari berbagai macam produknya sehingga memungkinan manajemen/pengawasan marjin jangka panjang di tingkat SKU, dan di saat yang sama mengatasi hal yang terkait dengan harga.

Di tengah kondisi pasar 2018 yang penuh tantangan berkelanjutan dan tingkat persaingan yang semakin tinggi, MPPA mengarahkan strategi bisnis ritelnya. MPPA menegaskan fokus utamanya kepada konsumen ritel melalui format Hypermart dan Foodmart, dan mengurangi eksposur atas bisnis B2B yang luas namun tidak menguntungkan. Fokus inti atas strategi tersebut didukung oleh harga-harga kompetitif pada ragam barang kebutuhan sehari-hari, serta MPPA meneruskan upaya efisiensi biaya dalam hal pengeluaran-pengeluaran keseluruhan, manajemen persediaan dan format gerai yang semakin efisien.

Fokus MPPA kepada ritel konsumen berkelanjutan di tahun 2019. Selain peluncuran kembali gerai Hypermart, Primo dan Foodmart yang telah disesuaikan dengan kondisi pasar & kebutuhan konsumen, MPPA semakin memperkuat peran ritelnya dengan peluncuran Hyfresh, sebuah konsep supermarket berbasis komunitas, dengan ragam produk kebutuhan harian rumah tangga serta didukung dengan harga penawaran yang kompetitif di pasar.

Di tengah pandemi Covid-19, Perseroan mulai memperkuat dan mengembangkan bisnis online yang bersifat Offline to Online (O2O) di tahun 2020 pada platform e-commerce Hypermart Online dan meluncurkan Chat & Shop by Whatsapp yang dilengkapi dengan fitur Park & Pickup dan BELLA (Single National Whatsapp Number) serta berkolaborasi dengan beberapa operator marketplace terkemuka seperti GrabMart, Shopee dan Tokopedia. Dalam rangka mendukung fokusnya untuk memperluas bisnis O2O di 2021, Perseroan melanjutkan penguatan semua platform bisnis online secara berkelanjutan dengan pengembangan lebih lanjut terhadap bisnis online organik, Hypermart Online dan Chat & Shop, dan memperluas kolaborasi dengan berbagai operator marketplace terkemuka. Hal Ini juga didukung dengan semakin berkembangnya penggunaaan metode pembayaran digital seperti GoPay, OVO, ShopeePay dan sistem nasional QRIS yang bisa diakses dari aplikasi perbankan digital dan sistem pembayaran digital lainnya.